Friday, April 19, 2013

Ini Penyebab Kentut Anda Bau

Jakarta - Saat tercium bau kentut, biasanya orang-orang saling menyalahkan. Jarang sekali ada yang mengaku mengentut. Ya, meskipun sehat namun mengentut di depan banyak orang memang memalukan. Lalu apa yang menyebabkan kentut itu bau?

"Kentut adalah gas hasil metabolisme usus, makanan yang kita makan sehari-hari akan menghasilkan kotoran, dari kotoran ini usus akan menyaring gasnya dan dibuang menjadi kentut, sehingga menimbulkan bau," ujar dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB dari Departemen Penyakit Dalam Divisi Gastroenterologi RS Cipto Mangunkusumo, dalam perbincangan dengan detikHealth, Jumat (19/4/2013).

Selain itu, bau yang tidak wajar pada kentut juga bisa disebabkan oleh beberapa hal yakni karena terlalu banyak mengonsumsi daging dan ada infeksi pada saluran pencernaan.

"Pasien kanker usus biasanya akan memiliki bau kentut yang tidak enak," imbuh dr Ari.

Gas yang terkandung dalam kentut adalah karbondioksida, hidrogen sulfida dan merkaptan. Senyawa-senyawa tersebut mengandung sulfur yang berkontribusi pada bau kentut. Makin banyak bakteri meproduksi kedua senyawa tersebut di dalam perut, maka akan semakin busuklah bau kentut Anda. Jika daging dan telur menyumbang bau kentut, maka kacang-kacangan menyumbang volume kentut.



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...