Tuesday, April 23, 2013

Yuk, Turunkan Kolesterol Jahat dengan Cara Ini

Jakarta - Bagi Anda yang memiliki kolesterol tinggi tentunya akan menjadi was-was dalam memilih makanan. Mengapa tidak mencoba untuk menurunkannya?

Menurunkan kolesterol dalam darah bukanlah hal yang mustahil, asalkan benar-benar dilakukan dengan tepat. Nah, 5 hal yang merupakan panduan dari Mehta, seorang Guru Kesehatan Holistik di India yang dikutip dari Times of India, Selasa (23/4/2013) bisa Anda lakukan.

1. Sertakan serat larut dalam diet harian Anda. Ini dapat membantu Anda mengurangi kadar serum kolesterol. Serat ini bisa ditemukan dalam kacang-kacangan, kacang-kacangan, gandum, oat, beras merah, buah-buahan dan dedak. Kacang dan biji-bijian memiliki lebih banyak serat dan sedikit gula.

2. Sayur segar dengan wortel, labu botol (Lauki), seledri, jus lidah buaya telah ditemukan untuk menjadi bermanfaat dalam mengendalikan kolesterol.

3. Daging merah dan produk susu mengandung jumlah kolesterol dan dianggap sebagai produk utama harus dihindari. Makanan olahan dan yang disempurnakan seperti roti putih, teh kopi, alkohol dan tembakau sama buruknya.

4. Selain merekomendasikan makanan diet kaya serat, Mehta juga menyarankan untuk mengikuti program latihan teratur. Ini bertujuan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat juga untuk mempertahankan tingkat kolesterol normal.

Kombinasikan berjalan selama 30 menit selama 4 hari dalam seminggu, lakukan yoga dengan latihan pernapasan dan juga kegiatan aerobik lain seperti bersepeda atau berenang juga sangat membantu.

5. Gunakan minyak sehat seperti minyak nabati, minyak zaitun dengan proses cold-pressed, minyak dari kacang-kacangan, biji-bijian, kacang kedelai, biji rami dan minyak kacang tanah.

Selain melakukan 5 hal tersebut, berhati-hatilah saat makan di luar seperti makanan di restoran. Sebab, umumnya makanan tersebut kaya kesterol dan berminyak, serta menyebabkan elevasi kadar kolesterol jika makanan ini dikonsumsi sangat sering.

"Hindari gorengan, yang berkeju dan makanan berkrim. Anda boleh memilih daging panggang dalam porsi kecil, makanan kukus atau panggang," ujar Mehta.

Saus dan dressing salad boleh digunakan asalkan dengan takaran yang cukup karena mengandung kandungan lemak dan natrium yang tinggi.


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...