Thursday, April 25, 2013

Tubuh Sakit karena Terlalu Lama dalam Ruangan? Itu Nature Deficit Disorder

Jakarta - Perkembangan teknologi membuat kehidupan masyarakat Amerika zaman sekarang menjadi jauh lebih praktis dari sebelumnya. Namun kondisi ini juga berarti tingkat stres mereka tinggi dan tak banyak waktu yang mereka habiskan untuk beraktivitas di luar ruangan.

Hal ini terungkap setelah belakangan The Nature Conservancy, sebuah organisasi lingkungan dari AS bekerjasama dengan majalah Women's Health menggelar polling dan mencari tahu berapa banyak waktu yang dihabiskan para wanita Amerika di luar rumah.

Hasilnya, meskipun sebagian besar wanita di Amerika tahu bahwa aktivitas di luar rumah baik bagi kesehatan mereka, nyatanya hanya 25 persen wanita yang benar-benar keluar rumah untuk meredakan stres yang dialaminya. Polling ini juga memperlihatkan hanya 40 persen wanita yang menghabiskan waktu di luar rumah sedikitnya 1-2 hari per minggu.

"Kondisi ini memunculkan gagasan bagi Richard Louv, penulis buku The Nature Principle untuk menciptakan istilah Nature Deficit Disorder. Istilah ini menunjukkan betapa kita semakin lama semakin tak terkoneksi dengan alam sehingga kita mengalami gangguan kesehatan karenanya," terang jubir The Nature Conservancy, Stephanie Wear.

Untuk itu, Wear juga percaya nature deficit disorder ini merupakan salah satu isu kesehatan publik karena efek negatif terhadap kesehatannya cukup luas seperti risiko obesitas, kanker, penyakit jantung, gangguan kecemasan dan depresi yang tinggi.

Survei ini pun menemukan bahwa hambatan nomor satu yang menghalangi banyak orang untuk keluar rumah adalah cuaca yang terlalu panas, terlalu dingin atau hujan. Hambatan terbesar kedua adalah gaya hidup yang sibuk sehingga tak banyak waktu untuk keluar rumah.

Padahal menghabiskan sedikit waktu saja di luar rumah dapat memberikan efek positif bagi tubuh.

"Apa yang mereka temukan adalah ketika Anda keluar rumah dan berinteraksi dengan alam, hormon stres atau kortisol Anda akan menurun, tekanan darah Anda juga turun, begitu juga dengan resting heart rate (denyut jantung ketika beristirahat) ikut menurun sehingga Anda merasa lebih baik dari sebelumnya," kata Wear.

"Bahkan efeknya terjadi secara langsung. Hanya dengan 15 menit berada di alam terbuka maka Anda akan mendapatkan manfaat kesehatan yang luar biasa," tutupnya seperti dilansir Foxnews, Kamis (25/4/2013).




No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...