Thursday, April 25, 2013

Rajinlah Berolahraga Jika Tak Mau Cepat Bungkuk

Jakarta - Olahraga punya banyak manfaat. Selain membuat tubuh bugar, olahraga juga bisa menjadi 'obat' berbagai penyakit. Misalnya saja olahraga bisa mengoreksi kifosis alias bungkuk karena olahraga mampu membuat penyerapan di dalam tubuh menjadi lebih maksimal.

"Penyerapan kalsium di dalam usus hanya sekitar 30-50 persen saja. Oleh karena itu olahraga sangat dibutuhkan," kata dr Siti Annisa Nuhonni SpKFR seorang spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi RSCM.

Ia menjelaskannya dalam kegiatan Anlene dengan tema "Even Heroes Need a Hero" di Carrefour Mall Kota Kasablanka Lantai LG, Jl Casablanca kav 88 Jakarta, dan ditulis pada Jumat (26/4/2013).

Beberapa olahraga yang dapat membantu penyerapan kalsium dan mengoreksi bentuk tulang adalah olahraga yang memberikan beban dan hentakan. Ia mengatakan untuk mengatasi masalah tulang, khususnya penyakit kifosis atau bungkuk dalam kategori fungsional, maka dapat diperbaiki dengan olahraga.

"Exercise is a medicine," tegas dokter yang akrab disapa dr Honni ini.

Ada beberapa olahraga yang dapat mengoreksi penyakit tulang kifosis atau bungkuk yaitu berenang, senam (back up), dan juga latihan beban yang berpusat pada otot tulang punggung serta tulang belakang.

"Sedangkan olahraga yang menguatkan tulang adalah olahraga yang menghentak-hentakkan tulang seperti berlari, berjalan, bulu tangkis, dan masih banyak lagi. Cukup lakukan 30 menit secara rutin. Ini akan sangat membantu," ujar dokter bercucu enam ini.

dr Muliaman Mansyur yang juga Head of Medical Sales Fonterra Brands Indonesia dalam kegiatan yang sama menyebut selain olahraga, perlu diet seimbang untuk menjaga kesehatan tulang.

"Diperlukan diet seimbang kaya kalsium, protein dan vitamin D serta melakukan latihan beban secara teratur," ujarnya.


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...