Thursday, April 25, 2013

Penyebab Bungkuk: Pacar yang Jauh Lebih Pendek Hingga Gemar Main Gadget

Jakarta - Ada banyak hal-hal sepele yang merusak postur tubuh. Misalnya saja jika berpacaran dengan orang yang jauh lebih pendek tentu akan membuat yang bersangkutan sering menunduk sehingga membuat badannya bungkuk atau kifosis. Terlalu sering main gadget juga tidak baik karena bisa menyabkan bungkuk.

"Kalau pacarnya lebih tinggi kan dia (pacar) harus sering-sering menunduk (ke arah pasangannya) demi mendengarkan pacarnya. Nah, inilah yang membuat tubuhnya lama-lama bisa terbentuk dan berisiko kifosis," ucap dr Siti Annisa Nuhonni SpKFR, spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi.

Ia menjelaskannya dalam kegiatan Anlene dengan tema "Even Heroes Need a Hero" . Kegiatan ini mengambil tempat di Carrefour Mall Kota Kasablanka Lantai LG, Jl Casablanca kav 88 Jakarta, Kamis (25/4/2013).

Selain itu, terlalu lama terbaring di ICU juga dapat menyebabkan kifosis. Menurut dr Honni, hal itu terjadi karena tempat tidur yang melengkung dapat mengubah postur pasien.

"Oleh sebab itulah jika ada pasien yang mengalami hal demikian kami akan memberikan fisioterapi untuk membantu otot dan tulangnya ke bentuk semula," kata dokter yang bekerja di RSCM ini.

Dokter yang sudah memiliki 6 cucu ini menambahkan bahwa penggunaan 'gadget' baik handphone atau laptop saat ini pun dapat menjadi salah satu faktor penyebab kifosis.

Hal ini juga diakui oleh Valencia Mieke Randa pendiri Gerakan Masyarakat Blood for Life yang menjadi salah satu pembicara. "Orang bermain handphone akan banyak menunduk. Kalau dipanggil pasti hanya mendongak sedikit ini ternyata jadi faktor juga," katanya.

Dr Honni menyarankan khususnya masyarakat yang bekerja di kantor dan sering bekerja di depan laptop untuk menjaga posisi duduknya. "Orang-orang seperti ini kalau tidak menjaga konsumsi kalsiumnya dengan baik dan tidak menjaga posturnya akan mudah terkena osteoporosis dan kifosis," tutupnya.


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...