Wednesday, April 24, 2013

Mau Makan Enak? Boleh-boleh Saja Asal Sesuai Jenis Olahraganya

Jakarta - Menurut penelitian terbaru, peringatan untuk tidak makan enak kurang bermanfaat untuk mencegah makan berlebihan. Mengingatkan berapa lama harus melakukan aktivitas fisik untuk membakar kalorinya, malah dinilai lebih efektif.

Penelitian yang dilakukan para ahli dari Texas Christian University tersebut menunjukkan bahwa orang-orang yang diingatkan berapa jam harus olahraga untuk membakar sejumlah kalori cenderung lebih terhindar dari makan berlebihan. Pilihan makan jadi lebih sehat, begitu pula porsinya lebih sedikit.

Perbandingan jumlah kalori dengan lamanya waktu melakukan aktivitas fisik untuk membakarnya akan lebih efektif lagi kalau ditempelkan pada menu makanan. Jadi yang tertulis bukan lagi jumlah kalori, tetapi lamanya waktu untuk membakar habis kandungan kalorinya.

"Jalan cepat adalah sebuah aktivitas fisik yang hampir semua orang bisa menghubungkannya, maka kami tampilkanlah pada menu informasi berapa lama harus berjalan kaki jika ingin membakar kalori pada makanan tertentu," kata salah seorang peneliti, Ashlei James seperti dikutip dari Telegraph, Kamis (25/4/2013).

Untuk membuktikannya, para peneliti merekrut 300 partisipan laki-laki dan perempuan berusia 18-30 tahun. Ada 3 set menu yang disajikan, yang pertama tanpa lebel, kedua dilabeli informasi jumlah kalori, dan terakhir dilabeli jenis dan lamanya aktivitas fisik untuk membakar kalorinya.

Hasilnya, partisipan yang membaca label informasi tentang jenis dan lamanya olahraga cenderung lebih mampu mengontrol nafsu makannya. Porsi makan lebih sedikit, pilihan menu juga teramati lebih sehat dibandingkan saat diberi makanan dengan label informasi jumlah kalori saja.

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang terkenal banyak mengandung kalori, beserta label yang menunjukkan jenis dan lamanya aktivitas fisik yang harus dilakukan untuk membakarnya.

McDonald's Big Mac: 490 kalori = 75 menit menjalankan pesin pemotong rumput
Pret A Manger chocolate croissant: 420 kalori = 2 jam jalan-jalan bersama hewan peliharaan
Mars Bar: 260 kalori = 2,5 jam menyiram tanaman di kebun
Es krim magnum classic: 240 kalori = 1 jam jalan kaki dengan kecepatan sedang

Starbucks classic blueberry muffin: 475 kalori = 2 jam melakukan pekerjaan rumah tangga.



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...