Sunday, April 21, 2013

Pengobatan Alternatif Timbulkan Efek Samping, Benarkah?

Sukabumi - Banyaknya pengobatan alternatif di Indonesia saat ini membuat masyarakat memiliki banyak pilihan untuk tetap sembuh. Namun tidak sedikit yang takut akan timbulnya efek samping, apakah setiap pengobatan alternatif menimbulkan efek samping?

Pengobatan alternatif umumnya melakukan perawatan kepada pasien dengan menggunakan tanaman herbal dan masih sangat alami. Dibutuhkan juga kepatuhan dalam mengonsumsi obat tradisional tersebut.

Beberapa orang beranggapan konsumsi jangka panjang tanaman herbal akan membuat timbulnya efek samping kepada tubuh, atau bahkan menimbulkan ketergantungan.

"Efek samping hampir tidak ditemukan dalam pengobatan tradisional, selama klinik pengobatan yang digunakan menggunakan bahan obat yang terpercaya. Disinilah peran aktif pasien, untuk mencari referensi," ujar Prof. Dr. (HC) Mochammad Yusuf, spesialis herbal kanker yang pernah belajar ilmu herbal dari Guangdong Provincial Hospital, Cina, kepada detikHealth seperti ditulis pada Senin (22/4/2013).

Jika pasca melakukan pengobatan tradisional, misalnya dengan konsumsi obat herbal, lalu pasien diminta untuk kembali datang, menurut Prof Yusuf perlu dilakukan untuk mengecek apakah kondisi kesehatan pasien sudah benar-benar sembuh.

"Kondisi yang sepertinya sudah sembuh padahal belum akan membuat pasien tidak mau cek lagi. Padahal jika nanti kambuh, itu karena memang penyakitnya belum sembuh total, bukan karena efek samping yang menimbulkan ketergantungan," lanjutnya.

Oleh karena itu, Prof. Yusuf, yang saat ini aktif sebagai spesialis herbal kanker di Klinik Citra Insani, Sukabumi, Jawa Barat, menegaskan pada pasien pasca pengobatan alternatif untuk mau melakukan kontrol kembali. Tujuannya adalah agar kesehatannya benar-benar pulih.


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...