Monday, April 22, 2013

Tahu & Tempe Tak Cuma Cegah Kanker Tapi Juga Tunda Keriput

Jakarta - Manfaat berbagai makanan dari bahan kedelai bagi kesehatan telah banyak dibuktikan, termasuk dalam hal pencegahan kanker. Baru-baru ini penelitian membuktikan adanya manfaat lain dari kedelai yakni mengencangkan kulit sehingga tidak cepat keriput.

Rahasianya terletak pada Genistein, sejenis hormon yang ditemukan dalam kedelai. Hormon ini terbukti meningkatkan produksi kolagen, yakni salah satu protein yang fungsi utamanya adalah menjaga kekencangan kulit. Keriput tidak akan mudah muncul bila kulit masih punya cukup kolagen yang melindunginya.

Dalam sebuah uji klinis, 53 persen perempuan yang menggunakan Genistein merasakan kulitnya makin lembut dan tampak muda hanya dalam sebulan. Tak heran jika sebuah perusahaan kosmetik asal Swiss, Swisscode tertarik untuk mengembangkannya dalam bentuk serum anti keriput.

Sedikitnya 2.000 perempuan berusia 50-65 tahun telah dilibatkan dalam uji klinis yang dilakukan oleh perusahaan tersebut. Serum tersebut diberikan antara lain di bagian keriput 'crow's feet' aalias kaki gagak di sekitar mata yang memang paling rentan mengalami keriput.

"Genistein bekerja seperti esterogen tetapi tanpa efek samping hormonal. Caranya dengan memblok enzim yang merusak kolagen, sekaligus juga meningkatkan pembentukan kolagen," kata Wolfgang Mayer, seorang juru bicara Swisscode seperti dikutip dari Daily Mail, Selasa (23/4/2013).

Selain bisa mencegah keriput, genistein dalam kedelai juga terbukti mampu menghambat pertumbuhan sel-sel kanker terutama kanker payudara dan prostat. Cara kerjanya hampir mirip, yakni menghambat kerja enzim yang memacu pertumbuhan sel-sel kanker di dalam tubuh.

Bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah, genistein dalam kedelai juga terbukti mencegak pembentukan plak kolesterol. Pembentukan plak adalah salah satu penyebab sumbatan pembuluh darah yang bisa memicu serangan jantung maupun stroke.


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...