Thursday, April 25, 2013

Apa yang Harus Dilakukan Jika Cacing Parasit Masuk ke Tubuh?

Jakarta - Cacing parasit bisa masuk ke dalam tubuh manusia dan menimbulkan kondisi yang disebut cacingan. Bahkan kabarnya, cacing parasit juga bisa masuk ke dalam tubuh kecoa dan menginfeksi manusia. Lantas apa yang sebaiknya dilakukan apabila terinfeksi cacing ini dan bagaimana gejalanya?

"Untuk membasmi cacing yang ada di dalam tubuh cukup dengan minum obat cacing saja. Tapi untuk mengetahui ada tidaknya infeksi cacing perlu pemeriksaan," terang Dr. drh. Upik Kesumawati Hadi, MS, ahli parasitologi dari Departemen Ilmu Penyakit Hewan Institut Pertanian Bogor ketika dihubungi detikHealth, Kamis (25/4/2013).

Dr Upik menjelaskan bahwa gejala cacingan pada anak-anak umumnya berkisar pada badan yang kurus dan perut membuncit. Pada orang dewasa umumnya gejala cacingan hanya rasa lelah dan lemas. Gejala-gejala cacingan ini juga munculnya tidak seketika, melainkan beberapa hari hingga beberapa minggu setelah terinfeksi.

Pada kasus yang parah, terkadang induk cacing dapat keluar bersama kotoran saat buang air besar. Untuk lebih memastikan gejalanya yang samar, dokter biasanya melakukan pemeriksaan feces untuk melihat keberadaan cacing dan telur cacing yang seringkali tak kasat dilihat dengan mata telanjang.

"Pada anak-anak biasanya infeksi cacing perlu diwaspadai sebab mengganggu pertumbuhan. Kalau pada orang dewasa karena sistem kekebalan tubuhnya umumnya lebih kuat, bisa lebih bertahan dari infeksi cacing," jelas dr Upik.

Meminum obat cacing idealnya dilakukan 6 bulan sekali terutama pada masyarakat yang berisiko, misalnya yang tinggal di pinggir kali dan memiliki pola hidup kurang bersih. Apabila gaya hidup sudah dirasa bersih, anjuran minum obat cacing bisa diubah menjadi setahun sekali.

Tapi sebagai upaya pencegahan, bila ingin minum obat cacing 6 bulan sekali pun tak ada efek sampingnya. Dosis obat cacing tergolong tunggal, sehingga tidak akan terjadi masalah berat setelah minum obat cacing meski tidak terdapat cacing di dalam tubuhnya.




No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...