Monday, April 22, 2013

Tinggalkan Obat, Postur Tubuh yang Baik Bisa Redakan Nyeri

Jakarta - Postur tubuh yang ideal tidak hanya berguna untuk memperbaiki penampilan. Beberapa penelitian menunjukkan, postur juga berhubungan dengan toleransi terhadap rasa nyeri. Jika postur ideal selalu terjaga, makin jarang merasakan sakit.

Beberapa hal yang perlu diketahui tentang pentingnya menjaga postur tubuh adalah sebagai berikut, seperti dikutip dari Foxnews, Senin (22/4/2013).

1. Alasan butuh postur ideal
Postur tubuh yang bagus bisa membuat seseorang tampak lebih muda. Karena postur ideal adalah tidak bungkuk, maka seseorang bisa terlihat lebih tinggi. Tak cuma menarik, kondisi ini juga fungsional dan sehat.

"Postur yang baik adalah salah satu komponen terpenting untuk menjadi fit,"Brooke Marrone, seorang personal trainer di New York City.

2. Mencegah nyeri
Postur yang benar bisa mencegah nyeri, bahkan juga berbagai masalah otot dan rangka tubuh maupun kesehatan secara umum. Saat berdiri tegap, dada akan mengembang sehingga paru-paru lebih efisien menghirup oksigen.

Postur yang baik juga mencegah nyeri punggung dan leher, sebab rangka punggung yang tersusun rapi akan lebih jarang memicu nyeri maupun pegal-pegal.

3. Meningkatkan performa
Postur yang baik adalah pondasi untuk mendapatkan performa yang baik. Atlet, musisi, penari dan bahkan aktor semuanya belajar soal postur yang baik demi kesempurnaan. Saat sendi-sendi tersusun dengan rapi, otot akan bekerja dalam posisi terbarik dan pergerakan tubuh lebih maksimal.

4. Ergonomis
Ergonomis, yang didefinisikan sebagai efisiensi kerja merupakan istilah yang dipakai untuk menggambarkan penempatan yang benar dalam banyak hal. Mulai dari mengemudi, bekerja dengan komputer, merawat anak, memasak, kerja kasar dan bahkan olahraga. Penempatan posisi yang baik membuat berbagai fungsi tubuh bekerja dengan lebih optimal. Posisi ergonomik terbaik adalah posisi yang membuat tubuh bisa mengerjakan sesuatu tanpa memelintir, menekuk dan memutar sendi secara kasar dan tidak nyaman.

5. Ergonomik kerja
Tempat kerja haru memiliki keyboard yang memungkinkan jari untuk bergerak bebas sejajar dengan pergelangan tangan. Harus ada ruang yang cukup untuk bersandar mengistirahatkan punggung dan masih bisa meraih benda-benda di meja maupun menatap layar monitor dengan nyaman.

6. Saran pemakaian ponsel
Saat menggunakan ponsel, duduk dengan benar. Jaga bahu tetap rileks dan batasi waktu penggunaan ponsel. Untuk komunikasi yang panjang, gunakan komputer.

7. Posisi tidur
Tidur adalah bagian penting dari hidup dan kesehatan. Dalam menjaga postur tubuh dan menghindarkan rasa nyeri, tidur juga sama pentingnya. Meski dalam semalam sering berganti posisi tidur, memulai dan mengembalikan postur yang benar akan sangat berguna. Dengan posisi yang benar, rasa nyeri akan reda dengan sendirinya sepanjang malam.

Kesalahan terbanyak adalah terlalu tinggi memposisikan bantal. Dengan bantal yang lebih rendah, atau dengan pengganjal di leher, tulang punggung akan tetap rata sehingga terhindari dari nyeri dan pegal-pegal.

8. Cara membawa tas
Dalam kaitannya dengan tas, solusi terbaik untuk meredakan nyeri bahu dan leher adalah dengan membatasi bawaan. Pikirkan kembali apakah benar-benar perlu membawa notol air minum? Buku-buku berat? Sepatu cadangan, peralatan make-up yang berlebihan, dan sebagainya.

Jika membawa ransel, pastikan bentuk dan distribusi bebannya cukup ergonomis. Jika menggunakan tas jinjing, sering-sering pindah posisi dari kanan ke kiri dan sebaliknya.

9. Berjalan
"Berjalanlah tegap dengan lutut, pinggul, dada dan leher untuk mendapatkan kekuatan," kata Ben Gold, seorang terapis fisik dari New York. Berjalan dengan postur yang baik bisa membuat seseorang kelihatan lebih muda, bernapas dengan lebih efisien. Bayangkan ada balon di kepala. Bahu ke belakang, kepala tegap dan tidak terlalu maju ke depan.

10. Cara memperbaiki postur bungkuk
Peregangan dada dan punggung cara yang tepat untuk memperbaiki postur yang bungkuk. Dengan berpegangan pada kusen pintu, tekuk lengan dan posisikan di bawah bahu. Untuk meningkatkan peregangan, tarik bagian bawah ketiak ke arah depan dengan tangan yagn satunya tetap berpegangan pada pintu.

11. Posisi superman
Latihan terbaik untuk memperbaiki postur adalah posisi superman, yakni tengkurap dengan tangan dan kaki terangkat dalam posisi lurus. Jika terlalu berat, lakukan bergantian antara mengangkat kaki dan tangan. Jika kurang berat, sertakan gerakan mengayuh seperti sedang berenang.

12. Posisi yang diharapkan
Latihan yang juga berguna tapi tidak perlu mengeluarkan keringat adalah mempraktikkan posisi akhir yang diharapkan. Bisa dengan berbaring atau bersandar di tembok, intinya adalah meratakan bagian belakang tubuh. Posisi kedua tangan terbuka ke samping sedangkan siku membentuk sudut 90 derajat ke atas.


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...