Friday, April 26, 2013

Saran Dokter untuk Menghindari Kecelakaan di Jalan

Jakarta - Kecelakaan lalu lintas di jalan raya sering terjadi karena kesehatan seseorang tidak sedang dalam kondisi terbaik. Para dokter pun memberikan saran untuk menghindari kecelakaan, yakni dengan cara menjaga kesehatan fisik dan mental.

"Yang paling peru diingat, selalu mengendarai motor maupun mobil dalam keadaan kesadaran penuh," pesan Dr Firdaus Saleh SpB(K), dokter bedah dari RS Pelni Jakarta saat dihubungi detikHealth, Jumat (24/4/2013).

Selain itu, Dr Firnaus juga menyampaikan beberapa pesan lain sebagai berikut:

- Jangan habis mabuk-mabukan
- Jangan berkendara saat sedang sakit
- Gunakan pelindung, seperti helm berstandar SNI

- Kendalikan emosi
"Seringkali orang yang sedang marah atau sedih akan mengendarai kendaraannya dengan asal, sehingga berisiko kecelakaan,"

- Jangan gunakan gadget selama berkendara
"Sekalipun hanya mengangkat telepon, akan mengalihkan fokus," kata

Dr Firdaus menambahkan, kondisi lingkungan kadang-kadang juga berpengaruh pada keselamatan berkendara. Faktor lain seperti jalanan yang sepi juga memicu seseorang memacu kecepatan alias ngebut.

"Biasanya korban sebelumnya akan merasa jalanan sepi sehingga ngebut, padahal bisa-bisa ada kendaraan lain yang lewat sehingga ia kaget dan rem mendadak," katanya.

Sebelumnya, Dr Firdaus mengatakan bahwa benturan keras di kepala merupakan cedera yang paling mematikan saat terjadi kecelakaan jalan raya. Cedera lain yang mematikan adalah perdarahan dan patahan tulang rusuk yang menusuk organ dalam seperti jantung dan paru-paru.



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...