Thursday, April 25, 2013

Kepulauan Seribu, Penerima Sertifikat Eliminasi Malaria Pertama RI

Jakarta - Malaria merupakan salah satu penyakit mematikan. Sejak tahun 2007, Indonesia pun secara bertahap berupaya mencapai eliminasi bebas malaria. Nah, Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu telah berhasil menjadi penerima sertifikat yang pertama.

Sertifikat ini diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan RI, dr. Nafsiah Mboi, Sp.A, MPH, kepada jajaran Pemerintah Daerah dan masyarakat Kepulauan Seribu yang diwakili oleh Bupati Administratif Kepulauan Seribu, H. Disyanto, didampingi Deputi Gubernur DKI Bidang Pengendalian Kependudukan dan Permukiman, Dr. Syahrul Effendi, SHMM, dalam acara puncak peringatan Hari Malaria Sedunia di Balai Kartini, Jl Gatot Subroto Kav 37, Jakarta, Kamis (25/4/2013).

"Keberhasilan ini merupakan bukti bahwa kita mampu mengeliminasi malaria dari wilayah Indonesia. Saya yakin, di tahun mendatang secara bertahap satu demi satu wilayah di Indonesia akan bebas dari penyakit malaria," ujar dr Nafsiah.

Eliminasi Malaria adalah komitmen global yang disepakati pada Sidang Majelis Kesehatan Dunia 2007. Mengutip data dari World Malaria Report 2012, dari 104 negara endemis malaria, terdapat 79 negara yang diklasifikan berada dalam fase pemberantasan malaria, 10 negara dalam fase pre-eliminasi dan 10 negara lainnya sudah berada dalam fase eliminasi.

Dr Nafsiah melanjutkan malaria merupakan masalah yang kompleks. Hal ini dikarenakan bahwa penyebaran malaria berkaitan dengan masalah lingkungan, perubahan iklim, mobilitas penduduk, dan perilaku masyarakat.

"Karena itu eliminasi malaria harus melibatkan semua komponen masyarakat, dilakukan secara persisten dan terus-menerus, serta diarahkan pada sasaran yang tepat agar memberi hasil yang maksimal," ungkap dr Nafsiah.

Penyerahan sertifikat Eliminasi Malaria ini merupakan salah satu kegiatan dari rangkaian Puncak peringatan Hari Malaria Sedunia (HMS) 2013 yang bertema nasional 'Bebas Malaria, Investasi Masa Depan Bangsa'.


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...