Sunday, April 21, 2013

Minum Air Dingin Bikin Kembung Itu Bukan Mitos

Jakarta - "Jangan minum air dingin, nanti perutnya kembung". Kalimat ini mungkin seringkali terdengar dari mulut orang tua. Percayakah Anda? Ternyata secara medis, hal ini memang benar.

"Minum air dingin memang benar dapat menyebabkan perut menjadi kembung. Hal ini disebabkan karena air dingin susah diserap oleh usus," jelas dr Michael Triangto, SpKO, seorang dokter kesehatan olahraga saat berbincangan dengan detikhealth di Din Tai Fung Resto lt.3 Plaza Indonesia Jakarta, dan ditulis pada Sabtu (20/4/2013).

Dr Michael mengatakan bahwa minuman dingin apapun jenisnya susah diserap oleh usus manusia. Karena tidak terserap dengan baik maka menyebabkan perut membesar dan terasa penuh.

Ketika perut terasa penuh dan kembung maka selanjutnya orang akan jadi malas minum atau menambah cairan dalam tubuh. Sedangkan air dingin belum terserap sepenuhnya di dalam usus.

Seperti pada saat setelah berolahraga. Terkadang setelah berolahraga ataupun melakukan aktivitas berat di luar ruangan tubuh akan mengalami kepanasan sehingga banyak orang memilih untuk mengatasinya dengan air dingin.

Mengonsumsi air dingin tentu akan menghilangkan haus, tetapi hal ini kurang tepat. Terhambatnya proses penyerapan di dalam usus akan menghambat pemenuhan cairan di dalam darah.

Untuk itu, dr Michael menyarankan lebih baik mengonsumsi minuman yang sejuk. "Minuman sejuk, yaitu dengan suhu antara 4 sampai 12 derajat celcius lebih cepat diserap usus," ujarnya menambahkan.

Selain itu, dr Michael yang juga suami dari dr Meidy H. Triangto, SpRM, menyarankan untuk mengonsumsi minuman isotonik ketika mengalami dehidrasi. Hal ini disebabkan karena minuman isotonik memiliki kandungan elektrolit yang dibutuhkan tubuh ketika mengalami kekurangan cairan.

Dengan menjaga tubuh tetap terhidrasi dijamin produktivitas serta kesehatan Anda juga terjaga.


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...