Sunday, April 21, 2013

Yuk, Rutin Papsmear untuk Cegah Kanker Serviks

Jakarta - Kanker serviks adalah salah satu penyakit yang mengintai kaum perempuan. Penyakit ini tidak bisa diabaikan lantaran bisa menimbulkan kematian. Untuk itu, perlu dilakukan papsmear rutin untuk mencegah kanker serviks.

Di Indonesia 70 persen pengidap kanker serviks baru diketahui setelah pasien mengalami stadium lanjut. Hal ini dikarenakan kanker serviks tidak menimbulkan gejala di awal.

"Kanker serviks adalah kanker yang terjadi di daerah leher rahim dan disebabkan oleh virus HPV (Human Papilloma Virus)," kata dokter kandungan Dr dr Junita Indarti, SpOG(K) yang juga Pimpinan Unit Women Health Center RSCM.

Hal ini disampaikannya dalam acara bincang sehat "Kartini Peduli Kanker Serviks" bertempat di RSCM Kencana lantai 5, Jl Diponegoro, Jakarta Pusat, Sabtu (20/4/2013).

dr Junita berpesan agar setiap perempuan, baik yang belum ataupun sudah melakukan hubungan badan dengan usia di bawah 50 tahun harus mendapatkan vaksinasi HPV dan rutin melajukan pemeriksaan. "Kanker serviks dapat dicegah sejak dini jika rutin melakukan pemeriksaan sitologi atau HPV," ujarnya.

Dr Junita mewanti-wanti agar pemeriksaan dilakukan secara rutin. Sebab vaksinasi HPV saja tidak cukup untuk mencegah terjadinya kanker serviks.



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...