Monday, April 22, 2013

Ini 5 Fakta Penting tentang Kolesterol

Jakarta - Kolesterol dianggap sebagai sesuatu yang jahat bagi tubuh. Kolesterol dianggap buruk lantaran berbahaya bagi kesehatan jantung.

Berikut ini ada 5 fakta penting tentang kokesterol yang perlu Anda ketahui, seperti dikutip dari Times of India, Senin (22/4/2013):

1. Beberapa Gejala Kolesterol Tinggi Terlihat oleh Mata

Umumnya, Anda bisa tahu tentang kolesterol tinggi melalui dokter. Tapi ada tanda kolesterol tinggi yang tampak oleh mata. Misalnya munculnya banyak benjolan kemerahan di tubuh yang dikenal sebagai xanthomas. Benjolan kemerahan ini disebabkan oleh kolesterol tinggi.

2. Olahraga Dapat Meningkatkan Kolesterol Baik

Okahraga sehari-hari sangat bermanfaat bagi kesehatan, tak terkecuali jika Anda ingin mengontrol kolesterol. Olahraga teratur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kepadatan kolesterol baik secara alami.

3. Kolesterol Meningkat Setelah Menopause

Sebelum menopause, estrogen membantu menjaga tingkat kolesterol. Tapi setelah siklus menstruasi seorang wanita berakhir, tingkat estrogen menurun sehingga membuat kenaikan tajam kolesterol jahat. Akibat tingkat kolesterol yang meningkat, berarti juga meningkatkan risiko masalah jantung pada banyak wanita.

4. Kolesterol Rendah Juga Bisa Berdampak Buruk

Kolesterol tinggi memang tidak baik untuk kesehatan, namun kolesterol yang sangat rendah juga tidak baik. Memiliki tingkat kolesterol yang stabil sangat penting, karena jika tingkat kolesterol turun di bawah 160 mg/dL maka dapat meningkatkan peluang terjadinya jenis kanker tertentu dan depresi.

5. Anak-anak Juga Dapat Memiliki Penyakit Kolesterol

Karena obesitas atau riwayat keluarga yang memiliki penyakit jantung, anak-anak juga dapat memiliki kolesterol tinggi. Oleh karena itu, penting untuk melakukan pemeriksaan medis sedini mungkin dan menjaga pola makan anak.


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...