Sunday, April 21, 2013

Ingin Punya Payudara Seksi & Sehat? Lakukan 10 Cara Ini

Jakarta - Setiap perempuan tentu ingin memiliki payudara yang sehat, indah, dan seksi. Sebab payudara tak hanya berfungsi sebagai organ yang membantu memberi makan bayi, tetapi juga bagian penting dalam aktivitas seksual.

Nah, jika Anda kaum perempuan menginginkan payudara yang tetap sehat dan seksi, ada baiknya melakukan 10 langkah ini seperti dikutip dari health.india.com, Senin (22/4/2013):

1. Makanlah Makanan yang Sayang Payudara

Makanan yang sayang payudara adalah makanan tertentu yang bisa menghindarkan payudara dari risiko kanker. Makanan tersebut adalah buah-buahan berwarna kuning atau oranye dan sayuran yang kaya akan antioksidan beta karoten. Biji rami, kenari, cranberry dan asam lemak omega-3 (terkandung dalam minyak ikan, alpukat dan telur) ditengarai mampu mengurangi risiko kanker payudara. Makanan yang tinggi magnesium juga dapat membantu mencegah pembengkakan payudara dan nyeri.

2. Periksa Ukuran Bra Anda

Lebih dari 70 perempuan memakai ukuran bra yang salah. Hal ini tidak hanya dapat menyebabkan masalah kesehatan yang signifikan seperti postur tubuh yang buruk, iritasi kulit dan kesulitan bernapas, tetapi juga dapat merusak ligamen payudara yang menyebabkan rasa sakit dan kendur. Ukuran payudara dapat berubah sepanjang hidup Anda karena perubahan berat badan, kehamilan atau menopause jadi pastikan Anda selalu melakukan pengukuran secara berkala untuk memastikan Anda mendapatkan dukungan yang tepat dari bra yang Anda kenakan.

3. Berolahraga Secara Teratur

Penelitian telah menunjukkan bahwa berolahraga empat jam atau lebih dalam seminggu dapat mengurangi risiko kanker payudara. Sementara studi terpisah menunjukkan bahwa latihan secara teratur setiap pekan dapat dapat meningkatkan harapan hidup mereka yang mengalami penyakit tersebut.

Tak hanya itu, olahraga juga dapat membantu mencegah payudara kendur sehingga meningkatkan tampilan payudara Anda. Latihan dada seperti push-up dan bench press sangat baik untuk meningkatkan kekencangan dan bentuk payudara.

4. Kencangkan Payudara Secara Alami

Seiring bertambahnya usia, payudaara akan berubah. Namun sebaiknya saat payudara mulai kendur, lakukan langkah alami untuk membuatnya kencang dan terangkat. Misalnya dengan menggunakan krim pengencang. Dengan memijat payudara secara teratur dengan krim pengencang dapat meningkatkan elastisitas kulit, serta mencegah keriput dan kendur.

5. Dapatkan Belahan Dada Sempurna dengan Make-up

Jika Anda akan mengenakan pakaian dengan garis leher rendah sehingga menampilkan lekuk atas payudara, maka make-up bisa digunakan untuk membuat payudara lebih sempurna. Ciptakan ilusi bayangan di payudara Anda dengan make-up, lalu tak lupa sapukan bubuk mengilap di bagian atas payudara untuk menciptakan kesan payudara lebih berisi.

6. Periksa payudara Anda

Menurut sebuah survei yang dilakukan oleh Breakthrough Breast Cancer, hanya 35 persen perempuan yang secara teratur memeriksa payudara dari tanda-tanda kanker. Kanker payudara merupakan penyebab utama kematian pada perempuan dan diagnosis dini dapat meningkatkan kemungkinan bertahan hidup.

Perempuan disarankan untuk mengenal payudara mereka dengan memeriksanya setiap bulan. Lihatlah adakah perubahan ukuran, bentuk dan tekstur kulit. Periksa pula adakah ruam atau benjolan. Jika Anda tidak memahami mekanisme memeriksa payudara, mintalah dokter untuk memeberikan tips melakukan pemeriksaan yang diperlukan.

7. Berhenti Merokok

Merokok kerap disebut sebagai penyebab utama berbagai penyakit serius, termasuk kanker payudara. Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti di California Department of Health Services menemukan bahwa tingkat kanker payudara di kalangan perempuan yang merokok adalah sekitar 30 persen lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak pernah merokok.

Penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa efek dari merokok bersifat kumulatif, dengan meningkatnya risiko sesuai dengan berapa lama telah merokok. Karena itu berhenti merokok sekarang juga bisa membantu mengurangi risiko terkena penyakit kanker payudara dan penyakit serius lainnya.

8. Oleskan Tabir Surya

Meskipun telah ada peringatan tentang kanker kulit, banyak orang yang masih belum menggunakan tabir surya secara teratur. Tidak memakai lotion tabir surya ternyata tidak hanya membuat daerah dada berisiko kena sengatan matahari dan kanker kulit, tetapi juga dapat menyebabkan penuaan dini. Untuk mencegah keriput dan membantu kulit payudara tetap halus dan kencang, pastikan Anda menggunakan tabir surya setiap kali kulit Anda terkena sinar matahari.

9. Memakai Bra Olahraga

Ketika seorang perempuan beraktivitas, payudara cenderung bergerak sesuai gerakan tubuh. Nah, apalagi bila berolahraga tanpa dukungan bra yang memadai (terutama bagi mereka dengan payudara besar) dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan rasa sakit. Selain itu juga bisa mengakibatkan kerusakan di ligamen yang pada akhirnya menyebabkan payudara kendur.

Untuk memastikan payudara Anda terlindungi dari efek olahraga, pastikan Anda membeli bra olahraga yang pas dan kuat kuat, Bra yang sesuai dapat membantu meminimalkan gerakan payudara.

10. Memperbaiki Postur Tubuh

Postur tubuh yang baik akan membuat payudara akan lebih terangkat. Maka itu memperbaiki postur sangat penting. Apalagi otot-otot dada dapat kehilangan fleksibilitas ketika bahu membungkuk sehingga menyebabkan kendur dari waktu ke waktu.

Jika Anda terbiasa berjalan membungkuk, mulai sekarang ingatlah untuk berjalan dengan tegak sebab akan membuat Anda payudara terlihat lebih besar. Cobalah juga untuk memperhatikan bagaimana Anda berdiri dan duduk sepanjang hari. Jika postur tubuh kurang baik, ada baiknya Anda mempertimbangkan untuk melakukan latihan yang bisa memperbaiki postur tubuh Anda seperti yoga, pilates atau Tai Chi.


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...