Wednesday, April 24, 2013

Waspada, Pria Gemuk Lebih Gampang Kena Kanker Prostat

Jakarta - Obesitas atau kegemukan telah lama diketahui menjadi pemicu berbagai penyakit berbahaya seperti hipertensi, stroke, diabetes dan serangan jantung. Namun pada pria, sebaiknya lebih berhati-hati. Sebuah penelitian menemukan bahwa pria obesitas rentan terserang kanker prostat.

Penelitian menemukan pria obesitas yang menjalani biopsi atau pemeriksaan jaringan karena terdapat kanker jinak paling berisiko terserang kanker prostat di kemudian hari. Dalam laporan yang dimuat jurnal Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention, peneliti menyimpulkan bahwa obesitas bisa dikaitkan dengan risiko kanker prostat.

Para peneliti di Henry Ford Health System memantau 494 orang pasien selama 14 tahun setelah menjalani biopsi yang menemukan adanya kanker jinak. Obesitas pada saat biopsi ini ternyata berkaitan dengan peningkatan kejadian kanker prostat pada pemeriksaan lanjutan sebesar 57 persen.

"Ada kemungkinan tumor terlewatkan oleh biopsi awal, lalu tumbuh dan baru terdeteksi dalam biopsi tindak lanjut. Obesitas harus dianggap sebagai faktor yang penting untuk tindak lanjut setelah menjalani biopsi kanker prostat jinak," kata Andrew Rundle, profesor epidemiologi di Columbia University Mailman School of Public Health seperti dilansir Medical Daily, Kamis (25/4/2013).

Penelitian ini menetapkan hubungan yang lebih kuat antara obesitas dengan kanker prostat dibandingkan penelitian sebelumnya. Tingginya risiko kanker prostat disebabkan karena populasi yang diteliti adalah kelompok yang berisiko tinggi menjalani pengetesan kanker.

Kanker prostat adalah kanker yang paling banyak menyerang pria, sekaligus merupakan penyebab utama kematian nomor 2 akibat kanker pada pria setelah kanker paru-paru. Obesitas sendiri diketahui berkaitan dengan peningkatan risiko berbagai kanker, termasuk kanker esofagus, usus besar, rektum, ginjal, pankreas, tiroid, kandung empedu dan kanker payudara.


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...