Sunday, April 21, 2013

Ini yang Perlu Dilakukan Sebelum Papsmear

Jakarta - Kaum ibu tentu akrab dengan kata papsmear. Sebab pemeriksaan terhadap organ genital wanita ini menimbulkan kesan tersendiri bagi para ibu.

Ada perempuan yang merasa takut, malu, hingga pegal karena pemeriksaan papsmear yang terlalu lama. Tapi, tahukah Anda bahwa sebelum melakukan papsmear ada persiapan yang harus dilakukan?

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu dipersiapkan pasien untuk menjaga kevalidan pemeriksaan menurut Dr dr Junita Indarti, SpOG(K) saat berbincang dengan detikhealth di RSCM Kencana lantai 5, Jl Diponegoro, Jakarta Pusat, Sabtu (20/4/2013).

1. Usahakan agar para wanita tidak melakukan hubungan intim 48 jam sebelum pemeriksaan. "Tapi jika tiga hari terakhir tidak melakukan itu lebih baik," ujarnya.

2. Tidak menggunakan pembersih vagina baik cairan atau semprot yang dapat mengubah kandungan cairan vagina.

3. Tidak sedang haid. "Jika sedang haid akan mengaburkan hasilnya. Sebab, pada saat haid itu kan akan terbilas hasilnya malah negatif nantinya," terang dr Junita.

4. Tidak sedang dalam infeksi berat. "Contohnya keputihan yang sangat parah, itu juga dapat mengaburkan hasilnya," kata Junita.

Selain 4 hal tersebut masih ada faktor yang dapat mengaburkan hasil papsmear.
"Dari patolog dan pemeriksaan laboratoriumnya masih memiki kemungkinan kesalahan. Maka, untuk meminimalisirnya pasien harus mempersiapkan dengan baik," ucap dr Junita yang juga Pimpinan Unit Women Health Center RSCM.


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...