Friday, April 19, 2013

Ini Dia Caranya Sehat Hanya dalam Waktu 10 Menit

Jakarta - Olahraga itu penting tapi banyak orang yang mengaku sibuk lebih suka beralasan mereka tak punya waktu. Tapi apakah kesehatan dapat dikorbankan hanya karena waktu?

Sebuah studi baru dari College of Public Health, The Ohio State University pun menemukan bahwa orang dewasa Amerika lebih banyak menghabiskan waktunya untuk mempersiapkan makanan ketimbang berolahraga.

Padahal sebenarnya banyak cara untuk membuat tubuh lebih sehat tanpa perlu mengorbankan banyak waktu maupun aktivitas lain yang lebih penting seperti pekerjaan atau keluarga. Untuk itu, simak 10 cara untuk meningkatkan kondisi kesehatan hanya dalam waktu 10 menit atau kurang seperti dilansir huffingtonpost, Jumat (19/4/2013) berikut ini.

1. Tertawa (1 menit)
Tertawa cekikikan selama 60 detik sudah bisa melepaskan endorfin yang meredakan stres serta melemaskan otot-otot yang tegang. Apalagi jika Anda rutin tertawa maka kadar gula darah Anda akan lebih stabil, aliran darah lebih lancar serta umur yang lebih panjang.

2. Mengucapkan terima kasih (2 menit)
Tak butuh waktu lama untuk mengucapkan dua kata tersebut tapi dampaknya luar biasa. Nyatanya mengucapkan terima kasih tak hanya membuat seseorang yang menerimanya merasa lebih baik tapi juga meningkatkan kesehatan orang yang mengucapkannya.

Tak hanya itu, sebuah studi yang digelar pada tahun 1995 juga menemukan bahwa apresiasi dapat melindungi kesehatan jantung, meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta membuat Anda tertidur lebih nyenyak.

3. Makan telur (3 menit)
Telur dikatakan mengandung kolesterol tinggi tapi di sisi lain telur juga berisi sejumlah nutrisi yang dapat meningkatkan kondisi kesehatan, diantaranya kolin, vitamin B yang esensial bagi fungsi otak serta mencegah masalah jantung.

Sarapan telur juga telah lama diketahui dapat membantu menurunkan berat badan, apalagi baru-baru ini ditemukan fakta bahwa sarapan berprotein tinggi seperti dengan telur dapat mencegah seseorang mengonsumsi camilan yang kurang bergizi selama seharian.

4. Tarik nafas dalam-dalam (4 menit)
Manfaat menarik nafas dalam-dalam tak hanya dimiliki orang yang rutin bermeditasi. "Dimanapun Anda berada, Anda dapat menarik nafas lewat hidung hingga hitungan ketiga, berhenti sejenak lalu mengeluarkannya dalam hitungan ketiga atau lebih," saran konsultan manajemen stres, Judy Martin.

5. Olahraga di tempat (lima menit)
Mungkin tak ada waktu untuk mengikuti latihan kebugaran tertentu atau jalan-jalan di taman, tapi olahraga selama lima menit saja sudah cukup untuk meningkatkan metabolisme seseorang. Berikut tips olahraga mini yang direkomendasikan pakar kebugaran dan triathlon, Ben Greenfield:

- 25 kali jumping jack
- 20 kali crunch
- 15 kali squat secara perlahan dan terkendali
- 10 kali pushup secara perlahan dan terkendali
- 10 kali burpees

6. Menaiki tangga (6 menit)
Jangan kebanyakan duduk, sesekali pakailah tangga yang ada di kantor untuk berolahraga. Dengan tiga sampai lima kali naik-turun tangga dalam sehari, Anda dapat membakar lebih banyak kalori untuk mencegah penambahan berat badan orang dewasa sebanyak 1-2 pound pertahunnya.

7. Membaca label makanan (7 menit)
Saat berbelanja, luangkan waktu Anda untuk memperhatikan tak hanya kandungan kalori pada makanan yang Anda beli, tapi juga kandungan lemak, lemak trans, gula, ukuran penyajian, termasuk jumlah seratnya.

8. Menjadwalkan konsultasi dokter (8 menit)
Sesibuk apapun Anda, sempatkan untuk menghubungi dan membuat janji konsultasi dengan dokter atau checkup. Lagipula itu takkan memakan waktu lama. Jangan sampai ketika Anda benar-benar jatuh sakit, barulah Anda mengakui jika Anda terlalu sibuk untuk menelepon dokter karena itu akan terdengar konyol.

9. Membawa bekal makan siang (9 menit)
Jika jadwal kerja Anda hari ini dipenuhi dengan meeting dan tak sempat makan siang, maka Anda akan 'tergoda' untuk mengganjal perut dengan makanan kemasan atau makanan olahan terlebih dulu. Lebih baik, siapkan bekal dari rumah dengan komposisi makanan yang bergizi tinggi. Dengan begitu Anda takkan hanya dapat mengendalikan kadar garam dan lemak dalam makanan Anda tapi juga menghemat banyak uang.

10. Tidur siang (10 menit)
Ngantuk di tengah hari? Daripada memaksakan beraktivitas dan hasilnya tak maksimal, lebih baik rebahkan badan Anda barang sejenak. Manfaatnya antara lain membuat badan menjadi segar dan lebih waspada, termasuk meningkatkan daya ingat, kreativitas dan produktivitas.

Namun patut diingat jika tidur siang yang baik hanyalah selama 10 menit saja. Jika lebih dari itu, Anda akan justru merasa lemas dan lebih lamban ketika bangun dan melanjutkan aktivitas kembali.




No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...