Saturday, April 20, 2013

Dengan Papsmear LBC-HPV Tak Perlu Bolak-Balik Papsmear

Jakarta - Papsmear atau pemeriksaan rutin terhadap leher rahim sebagai tindak preventif kanker serviks umumnya dilakukan setiap 1 atau 2 kali setahun. Hal ini ternyata membuat para wanita 'ogah' bolak-balik ke rumah sakit.

Namun, seiring dengan kemajuan di bidang medis papsmear dapat di lakukan hingga 2 atau 3 tahun sekali lho. Metode ini dikenal dengan Liquid Based Cytologi (LBC) yang dikombinasikan dengan pemeriksaan Human Papilloma Virus (HPV).

"Kalau pada papsmear biasa hanya diperlakukan secara umum pemeriksaannya. Sedangkan sisa cairannya dibuang. Padahal bisa saja disitulah terdapat HPV," kata Dr dr Junita Indarti, SpOG(K), seorang ahli kandungan di RSCM.

Hal ini disampaikannya dalam acara bincang sehat "Kartini Peduli Kanker Serviks" bertempat di RSCM Kencana lantai 5, Jl Diponegoro, Jakarta Pusat, dan ditulis pada Minggu (21/4/2013).

Dr Junita mengatakan dengan vaksin saja belum tentu aman dari kanker serviks, sehingga para wanita perlu melakukan papsmear rutin. Dengan papsmear LBC-HPV para ibu dapat kembali melakukan pemeriksaan 2 atau 3 tahun setelahnya.

"Pemeriksaan ini akan mengambil cairan di dalam vagina. Kemudian seluruh cairan akan dimasukkan ke dalam tabung kemudian dipisahkan serta diberi perlakuan khusus untuk mencari HPV, lebih detil pemeriksaannya," tambah dokter yang juga Pimpinan Unit Women Health Center RSCM.

Tak ketinggalan dr Sandy Qlintang, Direktur Pemasaran KalGen DNA sebagai narasumber pun menjelaskan bahwa dengan LBC-HPV akurasi papsmear meningkat menjadi 84 persen. "Kalau papsmear biasa hanya sekitar 55,5 persen saja," katanya.

Dr Sandy pun menegaskan jika setelah dites keduanya hasilnya negatif maka ibu tak perlu repot bolak-balik. Kombinasi ini tentu sedikit lebih mahal harganya dari papsmear biasa.

"Papsmear ini sedikit lebih mahal yaitu Rp 650.000," ujar dr Sandy. Namun, dalam serangkaian acara Kartini Peduli Kanker Serviks, RSCM Kencana serta 3 rumah sakit lainnya di Jakarta akan memberikan potongan hingga akhir April.

Nah, jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang serviks kunjungilah @saveherserviks. Edukasi yang tepat tentu akan sangat membantu.


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...