Sunday, June 9, 2013

Nenek yang Meniru Pertapa, Nekat Tak Makan Apapun Selama 40 Hari

Seattle - Ingin meniru para pertapa, seorang nenek di Seattle bertekad tidak makan apapun selama 40 hari. Dia hanya menggantungkan hidup pada sinar matahari dan air minum. Sampai sejauh ini, kondisinya masih tampak sehat setelah seminggu lamanya.

Navenna Shine, seorang nenek berusia 65 tahun asal Seattle sudah berhenti makan pada tanggal 3 Mei 2013 lalu. Dia ingin menguji teori 'breatharisme', sebuah konsep yang meyakini bahwa sinar matahari bisa menyediakan semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Upayanya terkenal setelah Shine mendokumentasikan pengalamannya melalui Facebook dan Youtube. Dalam salah satu video terbaru, dia mengatakan bahwa dia merasa sangat baik dan sesekali mengalami kedutan atau rasa seperti kelaparan.

Dia juga mengalami beberapa efek samping seperti rasa sakit di bagian belakang tenggorokan, mual dan sembelit. Shine yang lahir di Inggris ini mengakui bahwa upayanya ini mempengaruhi kehidupan sosialnya. Misalnya ketika teman-teman mengadakan pesta barbekyu, dia tak bisa ikut.

"Makanan adalah suatu hubungan sosial. Mengalahkan kecanduan makanan juga membutuhkan kemampuan untuk mempelajari bagaimana berinteraksi dalam situasi tanpa makanan. Bayangkan pergi ke pernikahan atau pesta dan tidak makan! Saya bahkan tidak ingin memikirkan hal itu!" kata Shine dalam status Facebooknya seperti dilansir Counsel and Heal, Senin (10/6/2013).

Nenek ini bermaksud menjalani 'pertapaannya' selama minimal 40 hari. Bahkan jika berjalan sesuai perkiraan, dia ingin meneruskan hingga 4 - 6 bulan. Metode ini dia yakini terkait kepercayaannya tentang alam semesta. Dia menjelaskan beberapa pelaku Yoga yang disebut 'breatharian' bisa bertahan hidup hanya dengan air dan sinar matahari.

Demi mendukung upayanya, dia telah menempatkan 8 kamera di rumah untuk melacak kemajuannya dan memastikan bahwa dia tidak mencuri-curi makan cemilan. Dalam kesehariannya, Shine hanya menghabiskan waktu dengan menonton film, berolahraga dan tidur. Sampai saat ini, berat badan Shine sudah turun menjadi 59 kg dari 72,5 kg

"Saya biasanya melakukan 20 menit treadmill 2 kali sehari. Setelah itu saya perlu berbaring sementara waktu untuk pulih. Hari ini saya pergi tidur tepat setelah olahraga dan tampaknya sudah tertidur sampai setengah hari. Benar-benar menyenangkan hari hujan di Seattle," katanya dalam salah satu status Facebook.


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...