Thursday, June 27, 2013

Risiko Wasir Maupun Sakit Jantung Bisa Berkurang dengan Toilet Ini

London - Toilet ini tidak hanya membantu pemakainya untuk buang air besar ataupun buang air kecil. Sebab toilet ini bisa memberikan manfaat sehat untuk mengurasi risiko wasir, sakit jantung, kanker usus, maupun hernia. Demikianlah klaim si pencipta toilet sehat tersebut, Peter Codling.

Toilet gaya baru ini memudahkan penggunanya untuk duduk dalam posisi jongkok yang lebih alami. Sehingga Codling yakin toilet ini akan menurunkan jumlah orang yang menderita kanker usus besar, wasir, serangan jantung, dan lainnya. Demikian dikutip dari Daily Mail, Kamis (27/6/2013).

Pria 30 tahun tersebut menjelaskan ketika orang duduk dengan posisi jongkok yang benar saat buang air besar, maka mereka bisa mengosongkan isi perutnya lebih mudah. Karena itu orang-orang akan benar-benar merasa lega saat berhasil menuntaskan hasrat buang air besarnya.

Dengan demikian maka akan mengurangi retensi feses yang menjadi faktor kunci dalam banyak kasus kanker usus besar dan usus buntu. Selain itu, dengan lebih mudah mengeluarkan feses dari dalam tubuhnya maka mengurangi ketegangan di daerah anus sehingga risiko wasir pun berkurang. Demikian pula risiko kerusakan dasar panggul, dan bahkan serangan jantung.

Lulusan Innovation Design Engineering di Royal College of Art in London ini mengklaim bahwa saat ini 43 persen perempuan yang telah memiliki anak dan mengembangkan inkontinensia (ketidakmampuan menahan air kencing), berkurang keluhannya setelah menggunakan toilet hasil inovasinya.

Selain itu menurutnya seseorang yang buang air besar dengan posisi jongkok yang tepat maka kemungkinan mengalami kerusakan saraf yang mengendalikan kandung kemih jadi lebih kecil. Risiko menderita hernia dan prolaps organ panggul (POP) juga berkurang.

Codling telah menghabiskan waktu empat bulan untuk mendesain prototipe toilet yang diberi nama Le Penseur atau The Thinker ini. Saat ini prototipe toilet tersebut telah dipamerkan di Royal College of Art di Kensington.

"Produk yang masih kami kembangkan ini bisa digunakan sejak usia dini," ucap Codling.

Toilet ini didesain untuk keperluan rumah tangga dan bisa dipasang oleh tukang ledeng biasa. Sedikit berbeda dengan toilet yang selama ini dikenal, toilet sehat ini posisinya sedikit lebih rendah. Namun Codling telah mempertimbangkan toilet tersebut nyaman digunakan untuk semua kalangan, termasuk pula orang-orang lanjut usia.

"Saya berharap nantinya toilet ini bisa digunakan sebagai standar," ucap Codling sembari berharap desainnya akan diaplikasikan oleh perusahaan manufaktur sehingga bisa dilempar ke pasaran dalam waktu dekat.

Sembari menunggu ada perusahaan yang berniat memproduksi toilet ini secara massal, Codling masih terus melakukan pengembangan. "Konsepnya sudah ada, jadi saya kira sudah siap untuk dipasarkan," kata Codling.


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...