Thursday, June 27, 2013

Awas, 5 Kesalahan Saat Berlari Ini Bisa Bikin Keseleo

Jakarta - Lari maupun joging adalah olahraga yang dapat melatih otot jantung. Jika dilakukan di luar ruangan, selain melatih otot jantung, lari juga bisa menjadi obat penghilang stres dan kejenuhan sehari-hari.

Tetapi terdapat beberapa hal yang kurang menjadi perhatian saat melakukan kegiatan ini. Melakukan kesalahan saat berlari bisa jadi malah menambah keluhan seperti sakit pinggang bahkan keseleo.

Seperti dikutip dari Times of India, Jumat (28/6/2013) ini dia 5 masalah paling umum ketika Anda berlari:

1. Pola Berlari Asimetris

Ini berarti bertumpu lebih keras pada salah satu sisi tubuh daripada yang lain saat berlari. Coba dengarkan suara tapak kaki saat Anda berlari, suara ini dapat memberitahu bagaimana cara Anda berlari. Jika Anda mendarat lebih keras di sisi kanan atau sebaliknya, itu dapat menandakan kesalahan gaya berlari Anda dan inilah yang dapat menyebabkan nnyeri.

2. Masalah Lutut

Kebanyakan orang yang melakukan joging menghadapi masalah pada lututnya. Hal ini disebabkan oleh lemahnya otot-otot gluteus.

Jadi, ingatlah saat berlari lutut Anda harus tetap lurus dengan pinggul. Jika otot-otot pinggul Anda lemah dan tidak mendukung berat badan, lutut akan menumpu berat badan dan menyebabkannya tertekuk ke dalam.

3. Berlari dengan Kaki Depan atau Belakang

Pernahkah Anda menyadari ketika berlari apakah kaki depan atau belakang yang lebih banyak digunakan? Pelari yang menggunakan bagian belakang akan menjatuhkan lebih banyak pada bagian belakang kaki, sementara kaki depan menjatuhkan lebih keras pada bagian depan kaki mereka.

Orang yang cenderung menggunakan kaki bagian belakang, biasanya menggunakan tenaga yang lebih tinggi daripada yang menggunakan kaki depan. Namun, pelari kaki depan pun memiliki masalah yaitu kaki tak cukup kuat untuk menopang berat badan mereka. Sebaiknya, tingkatkan kemampuan kaki depan dan belakang Anda untuk menyeimbangkannya.

4. Tangan Terlalu Mengayun

Saat berlari biasanya akan disertai dengan ayunan tangan. Tetapi, jika Anda mengayunkan lengan berlebihan ini dapat menyebabkan sakit punggung saat berlari.

Gerakan-gerakan ini dalam jangka panjang dapat berkontribusi untuk tekanan pada punggung Anda. Bahkan gerakan yang terjadi ketika Anda mengambil langkah yang lebih besar dari ukuran tubuh sendiri, dapat menyebabkan rotasi yang berlebihan karena panggul dan tulang belakang bergerak dalam satu arah lebih.

Ketika Anda berlari dan mengayunkan satu lengan jauh ke belakang dari yang lain juga bisa menyebabkan nyeri punggung.

5. Ukuran Sepatu yang Tidak Tepat

Memakai sepatu yang tidak sesuai dengan ukuran dan jenis kaki Anda dapat menjadi salah satu penyebab nyeri pada punggung, pinggul, dan lutut. Pilihlah sepatu yang sesuai dan ukuran yang tepat untuk kenyamanan kaki sehingga dapat mencegah cedera pada bagian tubuh lainnya.


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...