Wednesday, June 26, 2013

Bernyanyilah 20 Menit Sehari untuk Mengurangi Ngorok Saat Tidur

Jakarta - Mengorok saat tidur tentu mengganggu orang lain. Selain itu, mengorok juga tidak baik bagi kesehatan apabila diikuti dengan sleep apnea. Untuk mengurangi ngorok, Anda bisa bernyanyi-nyanyi sebelum tidur.

Dikutip dari Fox News, Rabu (26/6/2013), sebuah studi menemukan bahwa bernyanyi selama 20 menit setiap hari selama tiga bulan bisa mengurangi intensitas mendengkur di malam hari.

Cara lain untuk mengurangi mengorok adalah dengan memperhatikan posisi tidur. Posisi tidur telentang lebih memudahkan pernafasan dibandingkan posisi miring. Jika memang Anda tidak bisa tidur dengan posisi telentang, coba miringkan kepala Anda sedikit. Posisi ini akan membuat tenggorokan Anda terbuka sehingga dengkuran bisa berkurang.

Selain itu gunakan bantal dengan posisi kepala terangkat sekitar empat inci. Posisi ini bisa membantu meringankan pernapasan serta mendorong lidah dan rahang untuk bergerak maju.

Namun, jika Anda terbiasa tidur dengan posisi tengkurap, maka gunakanlah bantal yang datar. Dengan bantal yang datar, maka posisi kepala tidak terlalu terangkat dan suara ngorok Anda pun bisa berkurang.

Selain itu, yang perlu Anda lakukan untuk mengurangi ngorok adalah dengan menurunkan berat badan sehingga tekanan pada diameter tenggorokan bisa berkurang dan suara ngorok Anda pun bisa diminimalisir.

Anda juga bisa mencoba mandi sebelum tidur. Hal ini membantu melegakan saluran hidung Anda dan membuatnya lebih mudah untuk bernafas.


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...