Thursday, June 27, 2013

Cath Lab, Deteksi Dini Penyakit Jantung dengan Cara Cepat

Jakarta - Gaya hidup yang kurang baik berdampak pada meningkatnya jumlah pasien penyakit tidak menular, misalnya saja sakit jantung dan gangguan kardiovaskular. Untuk itu deteksi dini penting dilakukan guna menekan angka kematian akibat sakit jantung. Nah, salah satu pendeteksiannya bisa menggunakan cath lab.

"Deteksi dini penting untuk melakukan pencegahan terhadap penyakit jantung
dan pembuluh darah. Kita lakukan screening untuk melihat faktor risiko ada atau tidak kemungkinan dia terkena penyakit tersebut," kata spesialis jantung RS Bunda, dr Pricillia Myriarda, SpJP.

Hal itu disampaikan dia pada acara Philips Mom2Mom Talkshow, di RS Bunda, Jl Teuku
Cik Ditiro No 28 Menteng, Jakarta Pusat, dan ditulis pada Kamis (27/6/2013).

Cathl lab adalah sebuah alat pemeriksaan yang memvisualisasikan arteri jantung dan bilik jantung dan mengobati stenosis atau kelainan yang ditemukan. "Umumnya kita pakai pembuluh darah radial pada tangan. Terus dimasukkan selang sampai ke jantung. Kemudian kita semprotkan zat pewarna ke pembuluh darah pada jantung,
namanya pembuluh darah koroner," terang dr Pricillia.

Penyemprotan zat pewarna tersebut memiliki tujuan untuk melihat alirannya. Aliran tersebut bisa dipantau melalui monitor. "Aliran ini akan memperlihatkan apakah ada penyempitan atau tidak," papar kardiolog dr Dicky Hanafy, SPjP yang juga hadir dalam kegiatan tersebut.

dr Dicky menambahkan bahwa dalam melakukan prosedur diagnostic cath lab dari pemasangan kateter hingga pemeriksaan hanya memakan waktu 30 menit. Setiap pasien dibius lokal sebelum menjalani kegiatan ini.

"Jika sudah ketahuan ada kelainan atau penyempitan, kita dapat lakukan stenting. Tapi kalau penyempitan hanya 30 sampai 50 persen saja, untuk apa kita lakukan stenting. Kita obati saja," sambung dr Dicky.

Menurut dia, saat ini penyakit jantung koroner tidak hanya dialami orang-orang yang sudha berusia lanjut. dr Dicky bahkan pernah menemukan pasien sakit jantung koroner berusia 20-an tahun.

"Ada penyakit jantung bawaan, ada kelain jantung katup. Dan itu bayi-bayi juga ada yang mesti dikateter," terang dr Dicky..

Nah, keunggulan cath lab selain pada monitor, juga menghasilkan gambar 3D dan sangat minim radiasi. Berikut ini keunggulannya:

1. Kateter anglography dapat menampilkan gambar pembuluh darah secara detail, jelas dan akurat. Sangat membantu dalam tindakan prosedur operasi atau Percutaneous Transluminal Coronay Angioplasty.

2. Tidak seperti CT anglography atau MR anglography, menggunaka kateter yang memungkinkan untuk mengkombinasikan diagnosa dan tindakan dalam satu prosedur, misalnya menemukan daerah penyempitan arteri diikuti dengan angioplasty dan penempatan stent.

3. Kateter anglography dapat menampilkan gambaran pembuluh darah secara detail yang tidak bisa dihasilkan oleh prosedur non-invasive.


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...