Wednesday, June 26, 2013

Ini Ramuan Rahasia Keluarga Hendarman Supandji Tak Gampang Sakit

Jakarta - Untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan bugar, Anda tak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk membeli berbagai macam suplemen dan vitamin. Seperti yang dilakukan keluarga Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Hendarman Supandji, mereka lebih suka mengandalkan ramuan tradisional sebagai pengganti produk suplemen.

Istri mantan Jaksa Agung Hendarman Supandji, dr Dani Hendarman supandji, SpA(K), MSc menyebut paduan temulawak, daun belimbing buah, dan daun tanjung, bisa menjadi resep ampuh agar tubuh tak gampang sakit. Bagaimana cara membuatnya?

"Rebus temulawak tujuh iris dengan irisan tipis yang sebelumnya dikeringkan dulu. Ditambah dengan daun tanjung tujuh lembar, dan daun belimbing buah satu jumput. Rebus dengan tiga gelas air, jadikan dua gelas air," kata dr Dani kepada detikhealth.

Hal itu disampaikan dia usai acara 'Menyingkap Kebaikan Alam" di Four Seasons Hotel di Jalan HR. Rasuna Said, Jakarta, dan ditulis Kamis (27/6/2013).

Resep yang digunakan dr Dani itu diakuinya sebagai resep turun temurun yang ia dapatkan dari neneknya. "Kalau daun tanjung itu banyak di pinggir jalan, di depan rumah saya ada. Itu, daun yang bunganya kecil putih-putih terus wangi," tutur dr Dani.

Lantas, apa khasiat yang didapat dr Dani dengan mengonsumsi temulawak setiap hari? "Saya dan suami jadi tidak gampang sakit, meskipun aktivitas padat," ujarnya sembari tertawa.

Kunyit Asam Ala Istri Wamenkes

Ditemui di tempat yang sama, istri Wakil Menteri Kesehatan, Inayati Ali Ghufron juga mengonsumsi minuman alami. Kunyit asam adalah salah satu jamu yang cukup sering ia minum. Selain itu, teh juga menjadi minuman yang wajib dikonsumsi setiap hari olehnya.

"Teh juga herbal ya, di situ mengandung stimulan juga sehingga kita jadi lebih fresh, dan teh juga mengandung antioksidan" kata wanita yang akrab disapa Ina ini.

Tak hanya teh, jus buah juga menjadi minuman wajib konsumsi bagi Ina. "Apa saja jenis buahnya, setiap hari kita ganti-ganti," ujarnya.

Menurut dia, jus buah sangat baik untuk menambah daya tahan tubuh karena buah-buahan yang dijadikan jus memiliki antioksidan. Untuk anggota keluarga lainnya, Ina juga sering menggunakan kunyit putih. Kunyit putih yang direbus dengan air ini diberikan bagi keluarganya yang memiliki indikasi terkena rematik. Di pasaran, banyak juga yang menjual kunyit putih yang sudah diiris dan dikeringkan.

"Tapi kalo mau diiris sendiri di rumah bisa juga, disesuaikan saja dengan waktu kita," kata wanita yang menjadi anggota Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB) ini.


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...