Saturday, June 8, 2013

Hanya dengan Lihat Foto Wajah, Ilmuwan Bisa Tebak Berat Badan Seseorang

Jakarta - Tidak salah bila ada anggapan gemuk atau tidaknya seseorang kelihatan dari bentuk wajahnya. Dalam penelitian terbaru, para ilmuwan bahkan bisa menebak berat badan dan perbandingannya dengan tinggi badan hanya melalui foto wajah.

Guodong Gu dan rekan-rekannya di West Vidginia University mengembangkan sebuah rumus algoritma untuk menghitung Indeks Massa Tubuh (IMT). Bukan dengan meteran dan timbangan, angka-angka tersebut didapat dari perhitungan terhadap bentuk muka seseorang.

IMT merupakan perbandingan antara berat badan dan tinggi badan. Tinggi rendahnya IMT merupakan indikator utama untuk melihat berat badan ideal. Kurang dari 18,5 kg/m2, IMT dikatakan kerempeng alias underweight sedangkan jika lebih dari 30 kg/m2 maka dikategorikan obesitas.

Rumus yang dikembangkan para ilmuwan bekerja dengan membandingkan hasil pengukuran pada beberapa komponen wajah. Misalnya saja rasio tulang pipi dengan rahang, panjang wajah dibandingkan pipi dan juga jarak rata-rata antara alis dengan kedua bola mata.

Tidak perlu dihitung manual, rumus tersebut secara otomatis akan dihitung oleh perangkat lunak yang juga dikembangkan oleh para ilmuwan. Begitu foto wajah seseorang dipindai secara digital, perangkat lunak tersebut akan segera menampilkan perkiraan berat dan tinggi badannya.


Untuk mengembangkan rumus dan perangkat lunak tersebut, para ilmuwan terlebih dahulu mengamati 14.500 foto wajah orang dan melakukan pengukuran IMT secara manual. Keduanya dibandingkan lalu dirumuskan dalam satu persamaan yang berlaku secara umum.

Bukan hanya untuk menilai gemuk atau tidaknya seseorang, rumus dan perangkat lunak ini juga berguna untuk memprediksi berbagai risiko penyakit yang berhubungan dengan IMT. Seperti dikutip dari Indiavision, Jumat (7/6/2013), contohnya adalah diabetes dan sakit jantung.



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...