Wednesday, September 18, 2013

One Health, Konsep Baru 4 Negara Asia untuk Atasi Penyakit Pandemi

Jakarta - Penanganan penyakit pandemi (emerging and re-emerging disease) selama ini selalu dilakukan oleh satu pihak saja, dalam hal ini khususnya bidang kedokteran. Dengan konsep One Health, nantinya tak hanya dokter saja yang akan 'bertanggung jawab' dalam mengatasi penyakit pandemi.

Konsep One Health merupakan kolaborasi multi disiplin dan multisektoral dalam mengantisipasi sekaligus menangani penyakit pandemi. Konsep yang digulirkan oleh WHO ini diciptakan untuk menjalin kemitraan antara dokter dan dokter hewan.

Melalui konsep One Health, penyakit infeksi yang ditularkan dari interaksi manusia dan hewan, atau sebaliknya, dapat diatasi secara intensif lebih awal. Untuk mencapai hal tersebut, diperlukan pendidikan dan pelatihan yang melibatkan berbagai disiplin ilmu seperti dokter, dokter hewan, perawat, ahli kesehatan masyarakat, ahli ekologi dan ilmuwan sosial.

"Emerging disease itu misalnya penyakit baru atau penyakit lama yang muncul kembali, seperti flu burung. Dengan konsep ini, trans disiplin akan diterapkan. Jadi betul-betul ada kerjasama sejak dini dari bidang pertanian, kehutanan, kedokteran hewan dan lingkungan," papar Prof Dr Ali Gufron Mukti, Wakil Menteri Kesehatan RI.

Hal tersebut disampaikan Prof Ali Gufron dalam temu media yang diselenggarakan di Hotel Mandarin Oriental, Jl MH Thamrin, Jakarta, Selasa (17/9/2013).

Konsep One Health yang dikembangkan khusus untuk wilayah regional Asia Tenggara disebut sebagai SEAOHUN (South East Asia One Health University) dan diketuai oleh Prof Ali Gufron. SEAHOUN sendiri telah berdiri sejak Desember 2011, beranggotakan 4 negara yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand dan Vietnam.

Menurut Prof Ali Gufron, One Health dan SEAHOUN kini masih berupa konsep dan sedang dalam proses pembuatan materi. Salah satu sasaran konsep One Health adalah mengintegrasikan sistem pendidikan di lingkup perguruan tinggi, khususnya jurusan kedokteran, kedokteran hewan dan kesehatan masyarakat. Upaya ini juga dimaksudkan untuk mengimbau peningkatan komunikasi lintas disiplin melalui seminar, jurnal maupun kuliah.

Setiap negara dalam SEAHOUN memiliki jejaring universitas nasional yang bertujuan untuk menyebarluaskan informasi-informasi terkait One Health. Jaringan universitasnya di Indonesia antara lain Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Fakultas Kedokteran Hewan dan Fakultas Kedokteran Universitas Gajah Mada, dan Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor.

Nantinya mahasiswa dari jurusan-jurusan tersebut akan diberi materi khusus tentang One Health serta penerapannya, sehingga diharapkan sejak kuliah mereka sudah bisa berkomunikasi dan saling bekerja sama dalam memecahkan masalah. Sebab mengatasi penyakit nyatanya tidak hanya sekadar pengobatan, tetapi juga paham lingkungan dan pencetusnya.

"Pada dasarnya One Health itu cara berpikir, kalau cara berpikirnya sudah terintegrasi pasti akan berpengaruh ke cara bertindak. Intinya konsep One Health ini dibuat trans sektoral dan semua pihak harus saling terkait, tidak hanya di satu sektor saja," tegas Prof Ali Gufron.


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...