Monday, September 23, 2013

Doyan Belanja Sekaligus Ingin Kurus? Bisa, Begini Caranya

Jakarta - Hobi belanja memang memaksa orang untuk bergerak, minimal berjalan-jalan mengelilingi pusat perbelanjaan. Namun jika ingin kurus, berjalan-jalan saat belanja saja tidak cukup. Belanja bisa lebih cepat bikin kurus kalau tahu caranya.

Sebuah penelitian di Monash University menunjukkan bahwa belanja bisa menurunkan berat badan lebih banyak jika dipersiapkan dengan baik. Dengan selalu membawa daftar belanjaan, berat badan akan turun rata-rata 0,69 kg lebih banyak dalam sebulan.

Temuan ini membuka peluang untuk melakukan pendekatan baru dalam mengatasi masalah kegemukan, khususnya jika ada salah satu anggota keluarga yang hobi belanja. Pendekatan yang dilakukan tidak lain adalah ekonomi-perilaku atau behavioural economics.

"Penelitian terbaru menunjukkan bahwa strategi ekonomi-perilaku terbukti lebih efektif dibandingkan pendekatan mainstream seperti pemberian informasi untuk membantu orang memilih gaya hidup sehat," kata sang peneliti, Dr Nicole Au seperti dikutip dari News.com.au, Minggu (22/9/2013).

Membawa daftar belanjaan memang tidak secara langsung meningkatkan pembakaran kalori pada orang-orang yang sedang berbelanja. Meski begitu, daftar belanja dianggap sebagai perencanaan yang baik, yang bila dijalankan dengan disiplin akan mendorong pola makan yang lebih sehat.

Dr Au mengatakan bahwa daftar belanja membuat orang-orang yang sedang belanja lebih fokus, tidak mudah tergoda oleh pilihan-pilihan makanan tidak sehat. Dalam jangka panjang, pola makan yang selalu terjaga akan mendorong penurunan berat badan.

Sebenarnya, hampir semua orang tahu makanan apa yang tidak sehat dan bisa memicu kegemukan. Namun terkadang, perilaku impulsif tidak bisa dihindari saat ada godaan makanan enak. Daftar belanjaan diyakini efektif meredam perilaku semacam ini.




No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...