Monday, September 23, 2013

Ini Kata Dokter Soal Pemisahan Bayi Kembar Dempet

Jakarta - Kasus kembar dempet terbaru, kembar dempet lahir tak sempurna dengan kondisi bayi kedua keluar dari rongga mulut bayi yang utuh, terjadi di Bandung, Jawa Barat. Menurut dokter, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan operasi pemisahan pada bayi kembar dempet tersebut.

"Dalam kasus bayi kembar dempet, tindakan pemisahan bisa saja dilakukan bergantung pada kondisi si bayi tersebut. Perlu diperiksa organ apa saja yang menyatu, dilihat juga tingkat kesulitan dan risikonya," ujar Dr Frizar Irmansyah, SpOG, dokter kandungan dari RS Pertamina, saat dihubungi detikHealth, Senin (23/9/2013).

Pada prinsipnya gangguan pembelahan bisa terjadi di thorachophagus (dempet di dada), abdomen (dempet di perut) dan ada yang kepala. Selain karena gangguan pembelahan, Dr Frizar mengatakan bahwa terjadinya kembar siam dengan satu sel selur tidak bisa dicegah. Yang bisa dilakukan hanya pemisahan atau operasi setelah lahir, itu pun masih dibutuhkan pemeriksaan secara bertahap.

"Harus dilakukan pula tindakan lain seperti CT scan dan MRI untuk memastikan lebih lanjut organ penting apa saja di bagian kepala yang mungkin bisa mempengaruhi tindakan pemisahan yang dilakukan nantinya," terang Dr Frizar.

"Begitu juga kalau kembarnya di bagian perut, dilihat dulu organ apa saja yang menyatu. Misalnya liver dan ususnya, kalau memang organnya ada dua dan kondisinya baik maka bisa saja dilakukan operasi pemisahan. Lain lagi kalau ternyata organnya hanya ada satu, maka kemungkinan untuk keduanya bisa pulih akan sulit," papar Dr Frizar.

Untuk mengatasi kasus langka seperti ini, akan memerlukan keterlibatan dari berbagai bidang kedokteran seperti dokter spesialis anak, dokter anestesi, dokter spesialis kandungan dan dokter spesialis bedah. Dokter spesialis bedah ini sendiri nantinya akan disesuaikan dengan lokasi di mana penempelan ini terjadi. Misalnya dalam kasus ini kemungkinan akan dilibatkan dokter spesialis bedah mulut.

Sejauh ini diketahui kembar dempet terjadi karena gangguan pembelahan yang dialami masih berada dalam tingkat sel, sehingga seperti apa pencegahannya masih belum berhasil ditemukan secara pasti.


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...