Monday, September 23, 2013

Estrogen Bikin Wanita Lebih Aman dari Serangan Jantung

Jakarta - Ketimbang pria, wanita lebih aman dari serangan jantung. Rupanya hormon estrogen pada wanitalah yang membuat kaum hawa cenderung aman dari serangan jantung.

"Hormon estrogen yang dimiliki wanita sangat bermanfaat untuk melindungi wanita dari serangan jantung. Antara lain melenturkan pembuluh darah serta membuat darah tidak mudah mengendap. Sementara itu tanpa hormon ini, pembuluh darah pria lebih kaku dan darahnya lebih padat," ujar dr Dasaad Mulijono, FIHA, FRACGP, FRACP. PhD.

Hal itu disampaikan dia dalam seminar tentang jantung di ruang Auditorium lt. 9 Bethsaida Hospital, District Tivolli No 1 Paramount Serpong, Jl Boulevard Gading, Serpong, Tangerang, Senin (23/9/2013).

Nah, kondisi pada pria yang 'miskin' hormon estrogen akan dialami wanita yang sudah menopause. Begitu wanita menopause, kadar hormone estrogen dalam tubuhnya akan menurun. Dalam kondisi ini, peluangnya untuk serangan jantung sama dengan pria.

Sayangnya saat ini banyak pula wanita muda yang mendapat serangan jantung. Mengapa demikian?

"Sekarang kan banyak juga wanita yang berkarier. Nah, itu kemudian bisa memicu stres. Selain itu juga gaya hidup tidak sehat, seperti makan makanan junk food," terang dr Dasaad.

Tentang serangan jantung yang disebabkan oleh hormon ini, dr Dasaad juga menjelaskan bagimana seseorang dapat mengalami serangan jantung saat tengah tertidur pulas. "Saat tidur, tubuh memproduksi hormon melatonin. Sebenarnya baik bagi tubuh, namun jika ada kesalahan akhirnya hormon ini justru bisa menghimpit aliran pembuluh darah. Jadinya ya, serangan jantung," jelasnya.

Selain itu, 'penyakit hati' juga bisa menjadi penyebab serangan jantung. Penyakit hati yang dimaksud adalah rasa dendam, iri hati, kebiasaan berpikir negatif, dan lainnya. "Semua penyakit hati tersebut dapat membebani pikiran sehingga menjadi penyebab stres," ucapnya.


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...