Wednesday, September 18, 2013

Fobia Bisa Sembuh Cuma dengan Mengamati Perilaku Para Pemberani

Jakarta - Punya ketakutan berlebihan pada laba-laba, ular atau bahkan badut? Jangan khawatir, fobia semacam ini bisa sembuh dengan cara yang sangat sederhana. Cukup dengan mengamati perilaku orang-orang yang memiliki nyali besar.

Sebuah penelitian di Karolinska Institute menunjukkan bahwa melihat orang lain melakukan sesuatu yang menakutkan, bisa membantu seseorang mengatasi fobia yang dialaminya. Cara ini lebih ampuh dibandingkan memaksakan diri mencoba hal-hal menakutkan.

Sang peneliti, Armita Golka, mengatakan bahwa fobia atau rasa takut yang berlebihan kadang ditularkan melalui pembelajaran sosial yakni dengan mengamati orang lain. Sebaliknya, mengamari orang lain melakukan hal-hal yang menakutkan diyakini juga bisa mengatasi ketakutan tersebut.

"Temuan kami menunjukkan bahwa sarana pembelajaran sosial bisa menurunkan rasa takut yang didapat dari proses belajar, dibandingkan hanya dengan pengalaman sendiri," kata Golka seperti dikutip dari Daily Mail, Rabu (18/9/2013).

Beberapa penelitian sebelumnya memang menunjukkan bahwa rasa takut didapat dari proses belajar dari lingkungan. Oleh karenanya, Golka meyakini bahwa proses yang sama juga bisa digunakan untuk menyembuhkan rasa takut yang didapatkan dari lingkungan.

Dalam penelitian ini, Golka melibatkan 36 laki-laki dan memintanya untuk melihat serangkaian wajah. Salah satunya diikuti oleh stimulasi elektrik di pergelangan tangan. Selanjutnya, para partisipan melihat video clip yang menampilkan orang lain dengan perlakuan yang sama.

Setelah melihat video klip, para partisipan tidak lagi mudah terkejut saat mendapatkan stimulasi elektrik.


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...