Friday, April 4, 2014

Wuih! Alat Deteksi Jantung Portabel Ini Hanya Seukuran Smartphone

Bangalore, India - Teknologi terus berkembang dari waktu ke waktu, termasuk teknologi di bidang kesehatan. Alat elektrokardiografi (EKS) misalnya, kini semakin canggih dengan ukuran yang hanya sebesar smartphone dan bisa dibawa ke mana saja.

Elektrokardiografi (EKS) merupakan alat yang digunakan untuk merekam aktivitas kelistrikan jantung. Alat ini berguna untuk mendeteksi kelainan jantung seperti aritmia (kelainan irama jantung), penyakit jantung iskemik, uji stres jantung, juga untuk memastikan bahwa gangguan di dada merupakan penyakit jantung, sehingga dapat dilakukan penanganan dengan tepat.

Sayangnya, EKG umumnya hanya tersedia di rumah sakit-rumah sakit besar, karena alat tersebut sangat kompleks dan dibutuhkan banyak training agar tenaga kesehatan dapat menggunakannya dengan baik. Hal ini menjadi masalah bagi orang-orang yang tidak punya akses, seperti yang tinggal jauh dari kota. Solusinya, kini ada EKG portabel seukuran smartphone yang bisa dibawa ke mana-mana.

"Yang diperlukan adalah alat diagnostik yang bisa digunakan di primary healthcare dan rumah sakit kecil. ECG Philips ini seperti 'walking hospital', alat ini bisa dibawa ke mana-mana, masuk ke dalam tas Anda," jelas Ravi Ramaswamy, Senior Director PIC Healthcare, Philips Innovation Campus, dalam acara Philips Global Media Onsite, di Philips Innovation Campus, Bangalore, India, dan ditulis pada Jumat (4/4/2014).

Ravi menjelaskan alat EKG yang sekarang ada sangatlah kompleks dan butuh banyak training untuk menggunakannya. Untuk itu, dibutuhkan alat yang mudah digunakan, yang bisa terhubung dengan tablet atau smartphone yang telah akrab dengan para dokter.

"Hanya ada dua tombol pada alat ini, tombol on-off dan tombol pengukur listrik jantung," tambah Ravi.

Selain bentuknya yang portabel, ECG ini juga mudah digunakan. Bahkan dokter ahli jantung yang akan menggunakannya tidak perlu ditraining terlebih dahulu. Alat yang ukurannya hanya sebesar ponsel pintar ini juga mudah disambungkan dengan tablet atau smartphone lainnya.

"ECG ini bisa masuk ke handbag Anda," tutup Ravi.


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...