Friday, April 4, 2014

Wajah Mudah Memerah Pertanda Punya Tekanan Darah Tinggi? Ini Faktanya

Jakarta - Rona wajah kemerahan seringkali dianggap membuat seseorang tampak lebih menarik. Namun tak sedikit pula yang menganggapnya berbahaya karena disebut sebagai pertanda tekanan darah sedang naik. Benarkah wajah memerah pertanda seseorang punya tekanan darah tinggi?

"Tidak. Ada puluhan penyebab wajah menjadi merah dan tekanan darah tinggi bukan alasan utamanya. Meskipun bukan mustahil, tapi kebanyakan orang yang bertekanan darah tinggi tidak mengalaminya," papar Prof Garry Jennings, ahli kardiologi, seperti dikutip dari ABC, Jumat (4/4/2014).

Bahkan tekanan darah tinggi, yaitu ketika proses pompa darah 'mendesak' dinding arteri melebihi biasanya, hampir tidak memiliki tanda-tanda yang tampak dari luar sama sekali. Inilah yang menurut Prof Jennings menjadi alasan pentingnya seseorang melakukan pemeriksaan tekanan darah rutin. "Sebagian besar orang dengan tekanan darah tinggi tidak menunjukkan gejala. Jadi untuk tahu pastinya Anda benar-benar harus rutin mengukur," papar Prof Jennings.

Kesalahpahaman ini mungkin muncul karena ada beberapa faktor lain yang dapat meningkatkan tekanan darah sekaligus memerahkan wajah, seperti olahraga dan minum minuman alkohol. "Semakin banyak minum minuman alkohol, semakin besar kemungkinan mereka memiliki tekanan darah tinggi berkelanjutan," ujar Prof Jennings.

Begitu juga dengan aktivitas fisik atau olahraga. Meskipun jika dilakukan dengan rutin dapat membantu menjaga tekanan darah tetap sehat. Namun jika dilakukan mendadak dan berlebihan juga dapat menyebabkan lonjakan tekanan darah.

"Tekanan darah tinggi merupakan masalah yang terjadi pada arteri. Kemerahan seperti apapun sebenarnya terjadi di sisi lain dari sistem sirkulasi atau di dalam pembuluh darah, yang tidak terlalu terpengaruh oleh tekanan darah," terangnya.

Oleh sebab itu, untuk lebih memastikan apakah tekanan darah yang Anda miliki masih dalam batas normal, Prof Jennings menyarankan orang dewasa untuk memeriksa tekanan darah secara rutin. Tekanan ekstra pada jantung dan pembuluh darah dapat meningkatkan risiko tumpukan lemak dan membentuk penyumbatan, sehingga meningkatkan peluang Anda untuk terkena serangan jantung, stroke dan beberapa penyakit lainnya.

Meskipun ada banyak obat-obatan yang efektif, perubahan gaya hidup yang juga dapat memberi efek positif terhadap tekanan darah di antaranya rutin olahraga, mengurangi asupan garam, jaga berat badan tetap wajar, dan setop merokok serta konsumsi minuman alkohol.

Disebutkan oleh Prof Jennings, wajah merah kemungkinan bisa muncul dari berbagai penyebab termasuk rosacea (kondisi kulit yang juga dapat menyebabkan pembengkakan dan luka), alergi, kondisi peradangan, demam, dan sengatan matahari. Obat-obatan, termasuk beberapa yang digunakan untuk menurunkan tekanan darah, faktanya juga bisa menyebabkan wajah merah sebagai efek samping.


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...