Friday, April 4, 2014

Sering Berlari Bikin Panjang Umur? Belum Tentu

Jakarta - Berlari adalah olahraga paling murah dan paling mudah yang dapat kita lakukan. Tak heran, berlari pun menjadi olahraga favorit sebagian orang. Akan tetapi tahukah Anda bahwa sering berlari tidak berpengaruh terhadap panjang umur Anda?

Ya, penelitian terbaru yang dipresentasikan pada American College of Cardiology Scientific Sessions di Washington menunjukkan bahwa orang yang berlari lebih dari 32 kilometer per minggu tidak mempunyai umur yang lebih panjang daripada mereka yang jarang berlari.

Penelitian ini dilakukan pada lebih dari 3.800 pria dan wanita yang berusia di atas 35 tahun. Para partisipan melaporkan kegiatan berlari mereka setiap minggu, selain itu mereka juga melaporkan tentang kesehatan kardiovaskular dan penggunaan aspirin serta ibuprofen. Hampir 70 persen dari total partisipan berlari lebih dari 32 km setiap minggunya.

Tentunya hasil penelitian ini bukan menjadi alasan Anda untuk tidak berlari sama sekali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data berbentuk U, dengan kata lain umur paling panjang dimiliki oleh mereka yang berlari dengan jarak sedang-sedang saja. Sementara umur terendah dimiliki oleh mereka yang berlari lebih dari 32 km setiap minggunya dan mereka yang jarang berlari.

Penemuan hasil tersebut menegaskan kembali hasil penelitian yang dilakukan Mayo Clinic pada tahun 2012. Dikutip dari CNN, Jumat (4/4/2014), penelitian tersebut menemukan bahwa kegiatan olahraga yang terlalu keras dapat merusak sistem peredaran darah (kardiovaskular) dengan melukai atau memperbesar jantung dan pembuluh darah.

"Anda dapat melakukan olahraga sedang selama yang Anda mau, karena secara gentik, tubuh kita didesain seperti itu," tutur Dr James O'Keefe pada CNN.

Ia menjelaskan bahwa tubuh dirancang untuk melakukan olahraga sedang dan ringan, sehingga dapat dikerjakan kapan saja. Akan tetapi, tubuh tidak dirancang untuk berlari 40 km setiap minggunya, apalagi melakukan triathlon selama 12 jam berturut-turut.

Center for Disease Control and Prevention (CDC) dari Amerika Serikat merekomendasikan bahwa orang dewasa harus melakukan olahraga berintensitas sedang selama 2 jam 30 menit per minggu. Untuk berlari, CDC merekomendasikan agar setiap orang dewasa berlari maksimal 1 jam 15 menit tiap minggunya.


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...