Friday, April 4, 2014

Polusi Memburuk, Panggilan Darurat Karena ISPA di Inggris Melonjak

London - Sepertinya bukan hanya Tiongkok saja yang dihantui masalah polusi udara, perlahan tapi pasti Inggris mulai terjangkit masalah serupa. Hal ini terlihat dari meningkatnya jumlah panggilan darurat akibat ISPA.

Seperti dikutip dari BBC, Jumat (4/4/2014), minggu ini saja London Ambulance Service melaporkan ada kenaikan panggilan ke nomor 999 atau panggilan darurat sebesar 14 persen berkaitan dengan kasus gangguan pernapasan atau sesak napas akibat polusi udara.

Data kualitas udara yang diumumkan Department for Environment, Food and Rural Affairs (Defra) pada hari Kamis (3/4) pun menunjukkan tingkat pencemaran udara di London dan daerah South East telah mencapai level maksimal, yaitu level 10 atau 'sangat tinggi'.

Sedangkan di hari Rabu (2/4) Defra melaporkan tingkat polusi di Inggris bagian timur sudah mencapai level 9. Lalu di barat laut Inggris, Yorkshire, Humberside, kawasan Midlands dan Wales bagian selatan telah mencapai level 8 dan Greater London memasuki level 7.

Polusi di Inggris dan sekitarnya dilaporkan mengandung beberapa senyawa yang berbahaya bila terhirup di udara, dengan konsentrasi tertinggi ada pada sulfur dioksida (SO2), nitrogen dioksida (NO2) dan dua jenis partikel khusus lainnya.

Melihat kondisi yang mengkhawatirkan semacam ini, pemerintah pun segera memberikan peringatan kesehatan bagi seluruh penduduk yang tinggal di wilayah tersebut, terutama orang-orang yang mengidap gangguan pada paru-paru dan jantungnya.

Mereka juga disarankan untuk menghindari aktivitas outdoor. Apalagi orang-orang yang langsung memperlihatkan gejala gangguan pernapasan akibat polusi seperti mata merah, batuk-batuk dan radang tenggorokan diminta untuk tidak sering-sering keluar rumah.

"Dua pertiga penderita asma yang merasa polusi akan membuat asma mereka memburuk akan berisiko tinggi terkena serangan. Untuk itu kami menghimbau 3,6 juta orang yang berisiko asma di UK ini untuk selalu membawa inhaler biru, termasuk inhaler pencegah serangan yang telah diresepkan," saran Kay Boycott dari Asthma UK.




No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...