Friday, April 4, 2014

Hidup dan Tidur di Tempat Kotor Bisa Jadi Sebab Seseorang Terjangkit Kusta

Jakarta - Kusta merupakan penyakit yang termasuk ke dalam golongan neglected disease. Kusta sendiri sudah ada sejak tahun 1873 dan masih terus ada hingga kini. Dengan masih timbulnya berbagai kasus baru mengenai kusta, namun perhatian masyarakat mengenai kusta bisa dikatakan cenderung minim.

Saat ini, Indonesia menempati peringkat ketiga sebagai negara dengan penderita kusta terbanyak di dunia, di bawah India dan Brazil. Data dari Kementerian Kesehatan RI menyebutkan bahwa terdapat sebanyak hampir 19 ribu kasus baru mengenai kusta di Indonesia pada tahun 2012. Melihat masih banyaknya jumlah kasus baru yang ada, dr. Nafsiah Mboi, SpA, MPH, selaku Menteri Kesehatan RI mengungkapkan bahwa upaya penanggulangan kusta di Indonesia masih cenderung stagnan.

"Lihat pada tahun 2012, kasus barunya itu ada hampir 19 ribu. Ini tandanya penanggulangan kusta ini masih dapat dibilang stagnan," tutur Nafsiah pada saat acara Peluncuran Seruan Nasional Penghapusan Stigma dan Diskriminasi terhadap Orang yang Pernah Menderita Kusta, yang dilangsungkan di Ballroom Balai Kartini, Jl Gatot Subroto, Jakarta, dan ditulis pada Jumat (4/4/2014).

Menurutnya, saat ini yang paling diperlukan untuk menanggulangi kasus kusta di Indonesia adalah edukasi kepada masyarakat supaya mampu mencegah kusta sedini mungkin. Menurut Nafsiah, lingkungan adalah salah satu faktor yang paling berpengaruh dalam hal pencegahan ini.

"Bakteri kusta ini hidup pada daerah-daerah yang kotor dan tidak higienis sanitasinya. Maka dari itu, pencegahan terutama yang bisa dilakukan adalah menjaga kebersihan daerah tempat tinggal kita. Jika kita hidup dan tidur di tempat yang kotor dalam waktu yang lama, maka itu bisa menjadi penyebabnya," ungkapnya.

Nafsiah menyatakan bahwa penyakit-penyakit seperti malaria, TB, dan kusta merupakan jenis penyakit yang memang sangat dipengaruhi oleh lingkungan hidup. Ia juga menambahkan bahwa kebersihan yang dijaga tidak hanya bermanfaat dalma mencegah penyakit-penyakit tersebut, melainkan juga untuk mencegah penularan yang dapat ditimbulkan dari penyakit-penyakit tersebut.

"Mari kita cegah sedini mungkin, berikan edukasi kepada masyarakat mengenai cara pencegahan yang dapat dilakukan. Kita harus yakin bahwa kusta pasti bisa hilang dari Indonesia," katanya.


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...