Friday, April 4, 2014

Lawan Tulang Keropos dengan Asupan Kalsium dan Vitamin D Cukup

Yogyakarta - Seorang ahli gizi memastikan salah satu cara untuk mencegah tulang keropos mampir ke tubuh adalah lewat makanan. Apa sajakah itu?

"Untuk mencegah osteoporosis itu yang diperlukan adalah menu seimbang. Asupan energi dan proteinnya harus cukup, di samping pemenuhan kalsium dan vitamin D," papar Dr Martalena Br. Purba, MCN, Ph.D., pakar gizi dari RSUP Dr Sardjito dalam acara pelatihan pencegahan osteoporosis bagi kader PKK provinsi dan 20 kelurahan di Kota Yogyakarta, di Hotel Edotel Yogyakarta, dan ditulis pada Jumat (4/4/2014).

Hal ini dipertegas dengan pemaparan Martalena tentang hasil sebuah riset di mana 82 lansia wanita dengan patah tulang punggung diberi diet protein tinggi atau menu rendah protein.

Ternyata wanita yang mengonsumsi diet dengan protein tinggi memiliki densitas atau kepadatan tulang yang lebih tinggi serta waktu rehabilitasi yang lebih pendek, bila mengalami patah tulang.

"Namun ternyata riset lain dari UI justru menemukan rata-rata asupan kalsium perempuan Indonesia hanya 270 mg/hari, atau hanya 27 persen dari jumlah yang dianjurkan WHO (1000 mg/hari). 63 persen juga kekurangan vitamin D. Selain itu karena alasan keyakinan seperti makin putih makin cantik atau kebanyakan memakai pelembab atau sunscreen, sehingga banyak wanita Indonesia yang takut kena sinar matahari," urai Martalena.

Bila sudah begitu, maka asupan menjadi alternatif utama untuk pemenuhan kalsium dan vitamin D bagi tubuhnya. Perlu diketahui bahwa kebutuhan kalsium berbeda untuk setiap kelompok usia, dan makin tua usia seseorang, kebutuhan kalsiumnya pun makin besar.

Darimana saja sumbernya? Yang terbaik menurut Martalena adalah susu karena kalsium dari makanan tak diserap tubuh sebaik susu. Kemudian mentega, keju, sayuran hijau seperti kale, bayam, daun pepaya, sarden, bandeng presto, tahu, tempe dan kacang-kacangan.
Halaman 1 2 »

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...