Saturday, July 6, 2013

Ingin Jadi Remaja Aktif yang Sehat dan Bugar? Ini Tips Rachel Amanda

Jakarta - Siapa yang tak tahu gadis cantik ini? Rachel Aurora Amanda (18), yang dulu dikenal sebagai artis cilik dalam sinetron Candy ini kini telah beranjak dewasa. Meskipun baru saja menyelesaikan studi SMA dan sedang sibuk belajar untuk ujian masuk perguruan tinggi, ia tetap sehat dan bugar. Apa rahasianya?

"Aku sebenarnya tidak beda jauh dengan remaja-remaja lain, banyak kegiatan dan kadang suka susah untuk menerapkan pola hidup yang benar-benar sehat. Tapi sebisa mungkin aku usahakan untuk selalu hidup sehat," ujar gadis yang akrab disapa Amanda ini kepada detikHealth, saat ditemui dalam acara Nexcare: 'Don't Cover Your Face!', yang diadakan di ANZ Tower, Jl Jend Sudirman, Jakarta, Kamis (4/7/2013).

Amanda mengaku ia tidak pernah lupa untuk selalu menjaga pola makan. Meskipun di sela-sela syuting ia selalu sulit memilih makanan, tapi ia berusaha untuk mengurangi konsumsi makanan tinggi lemak dan kalori seperti gorengan. Menurutnya, konsumsi makanan sejenis itu sah-sah saja, selama tidak berlebihan.

"Sebelumnya aku memang pernah diet tapi walaupun aku tahu dessert dan kue merupakan makanan manis, aku suka banget. Jadi aku jaga porsinya, nggak makan banyak-banyak," tuturnya.

Selain cermat memilih dan menjaga porsi makanan, gadis ini juga rutin melakukan olahraga bela diri yaitu muay thai. Olahraga ini dirasakan olehnya memberikan pengaruh besar terhadap kebugaran dan bentuk tubuhnya yang kini langsing.

"Aku dulu rutin fitness dan berenang, tapi karena semenjak sekolah makin sibuk, jadi waktunya cukup sulit. Sekarang aku sempatkan untuk latihan muay thai paling tidak seminggu sekali. Meskipun hanya seminggu sekali, tapi aku merasa sangat terbantu. Sekalinya latihan, keringat pasti banyak keluar," lanjutnya.

Amanda sangat meyakini bahwa olahraga sejenis muay thai ini bisa membentuk tubuh menjadi lebih bagus, khususnya bagi kaum perempuan dan remaja sepertinya.

Untuk suplemen, Amanda lebih memilih untuk memperbanyak mengonsumsi sayuran dan buah dibandingkan dengan suplemen vitamin. Sayuran favoritnya adalah sayur kangkung dan brokoli, khususnya yang dimasak di rumah.

"Semakin besar, aku semakin belajar bahwa sayuran itu penting untuk kesehatan tubuh. Jadi aku usahakan untuk banyak makan sayur dan buah saja dibandingkan dengan minum suplemen vitamin," ujarnya sambil tertawa.

Amanda juga mengingatkan para remaja untuk banyak minum air putih. Meskipun terdengar umum, menurutnya masih banyak remaja produktif yang tidak memenuhi kebutuhan cairannya setiap hari. Padahal konsumsi cairan, khususnya air putih, sangat berpengaruh terhadap kesehatan kulit dan tubuh.

Tips terakhir, ia selalu mengusahakan untuk tidur cukup meskipun jadwalnya kadang bisa seharian penuh dan bahkan sampai pagi. Di sela-sela syuting, Amanda selalu menyempatkan untuk beristirahat agar waktu tidurnya per hari tetap memenuhi standar sehat, yaitu 7-8 jam.


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...